Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan yang Gampang Dipahami

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan – Metode untuk membuat minyak kelapa hampir tidak beda jauh dengan metode membuat minyak kelapa sawit, minyak sayur, atau minyak palem (palma) yaitu minyak yang dihasilkan dari memeras atau mengekstraksi buah kelapa hingga ke tetesan terakhir minyak yang dihasilkan. Pembedanya terletak pada saat metode ekstraksi VCO yang diproses menggunakan tehnik cold-pressed dengan tidak melibatkan panas dari kompor maupun panas sinar matahari.

VCO Merupakan minyak yang dibuat menggunakan bahan baku dari kelapa segar, dengan cara diambil kernelnya lalu diproses menggunakan pemanasan yg terkendali ataupun tanpa menggunakan pemanasan sama sekali, tanpa bahan kimia dan RDB. Minyak kelapa atau minyak kopra (Coconut Oil), yaitu adalah minyak nabati yg diekstrak dari inti atau daging buah kelapa matang yang dipanen dari kelapa sawit ( Cocos Nucifera ).

Kelapa Ini memiliki berbagai aplikasi. Karena kandungan lemaknya yg begitu tinggi, ia lambat teroksidasi menjadikan tahan terhadap pembusukan , bertahan hingga enam bulan pada 24 ° C (75 ° F) tanpa merusak. Pohon kelapa memang digadang-gadaang mempunyai 1000 kegunaan, dari kecantikan sampai kesehatan banyak sekali. simak penjelasan berikut… 🙂

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

 

Pemanfaatanya

Coconut Oil ini mempunyai kegunaan besar bagi kesehatan. Memang baiknya kita tahu cara membuat VCO sendiri agar keasliannya bisa terjamin. Memang sesebutanya, coconut oil berasal dari buah pohon kelapa. Kandungan minyak ini memiliki asam lemak jenuh yang begitu tinggi yaitu medium chain triglycerides (MCT).

Oleh sebab itu, lemak ini tetap aman alasanya karena langsung diproses oleh hati menjadi energi. Berlimpah kegunaan minyak kelapa. Salah satunya menurunkan kolesterol yg jahat (LDL) untuk pasien diabetes, ataupun bagi kecantikan kulit. Namun, janganlah berlebihan menggunakannya, Kalau saat mengonsumsi obat, sebaiknya untuk konsultasikan dulu kepada dokter sebelum menggunakan minyak kelapa.

Walau minyak ini gampang didapatkan, Namun tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Metode membuat coconut oil memang sebetulnya tidak begitu sulit. Coconut oil memang dalam beberapa tahun belakangan ini meningkat pesat. Dari makanan sampai produsen kosmetik seperti berlomba-lomba memanfaatkan bahan alami ini ke dalam produknya. Coconut oil terdapat asam lemak yang juga disebut-sebut dapat melambatkan perkembangan penyakit seperti Alzheimer. Hebat benerrr Coconut Oil ini :

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Cara membuat VCO tanpa pemanasan sendiri tidak susah. Meski begitu, proses pembuatan VCO berbeda-beda. Ada berbagai cara membuat VCO tanpa pemanasan sendiri. Silakan pilih mana yang dirasa paling pas.

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan Metode Basah

Metode proses yg serba basah itu memakai santan yg diekstrak dari kelapa mentah dari kopra yg lebih kering. Protein dalam santan membuat elmusi minyak dan air. Memecah emulsi untuk memulihkan minyak ini adalah langkah yg lebih bermasalah. Ini biasanya dilakukan dengan perebusan yang lama, Namun ini menghasilkan minyak yang berubah warna dan tidak ekonomis.

Virgin coconut oil (VCO) dapat diproduksi dari santan segar, daging, atau residu. Penggilingan basah atau mengeringkan residu inilah yg melibatkan produksi dari daging segar, dan menggunakan alat sekrup pemeras untuk mengekstraksi minyak. Daging segar yg diparut dan dikeringkan hingga kadar air 10-12% ini adalah salah satu VCO yg diekstraksi, kemudian menggunakan pengepres manual untuk mengekstrak minyaknya.

Memproduksi dari santan melibatkan memarut kelapa dan mencampurnya dengan air, lalu memeras minyaknya. Susu juga dapat difermentasi selama 36-48 jam, minyak dihilangkan, dan krim dipanaskan untuk menghilangkan sisa minyak. Penggunaan centrifuge untuk memisahkan oli dari cairan lain inilah yg melibatkan pilihan ketiga. Residu kering yg tersisa dari produksi santan ini yg diekstrasi dari Coconut oil.

Proses Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan Metode Fermentasi

Metode fermentas membuat coconut oil sendiri yaitu: Memilih kelapa yang berkualitas baik dan persiapkanlah bahan yg matang dan segar kelapanya. Dikupas-kupas lalu dagingnya diambil kemudian bersihkan. Parut dan campurlah dengan air matang. Lalu peras parutan tersebut, kemudian tuangkanlah ke dalam botol ataupun wadah pada air perasan kelapa parut tersebut.
Setelah itu simpan dan juga diamkanlah ke ruangan yg bersuhu 32 derajat celcius selama waktu 24 jam. Proses ini akan membuat air dan minyak terpisah. Ketika air sudah terpisah dengan minyak, segera saring. Jadi sampai tersisa minyak kelapa berwarna putih pucat. Untuk teknik pemanasan pada proses ini membutuhkan kisaran waktu yang lebih singkat daripada dengan fermentasi. Mudahnya dan juga praktisnya dilakukan menggunakan alat pembuat minyak kelapa.

Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan Metode Penyaringan

Metode membuat minyak coconut oil sendiri menggunakan proses penyaringan, metode ini pun membutuhkan masa yg lumayan lama, yaitu 24 jam memang tidak begitu sulit sih. yaituu caranya: Siapkan kelapa tua yg sudah dikupas. Potong dagingnya kecil-kecil. Haluskan dengan blender dan tambahkan air matang seperlunya. Saringlah hasil blender hingga menghasilkan santan.
Tambahkan air jika diperlukan. Lakukanlah berulang-ulang supaya santan yang dihasilkan banyak. Dalam wadah toples kemudian diamkan 24 jam lamanya, sebelumnya masukkan santan terlebih dahulu, agar minyak kelapa dan santan terpisah. Menyimpannya di lemari pendingin atau di ruangan dingin saja agar dadih cepat terbentuk (disarankan). Dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah ini dengan membuang dadih tersebut. Mudahnya dan juga praktisnya dilakukan menggunakan mesin minyak kelapa.

Manfaat dari Minyak VCO

Salah satu manfaat dari Minyak VCO adalah…..
Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Produk Kecantikan dan Rahasia Rambut Alami dan Berkilau Dari Alam 

Nutrisi alami pada minyak VCO ini meliputi triglycerides dan omega 3 yg bisa menjadikan kelembaban yg bisa tahan begitu lama pada kulit kita, Diklaim minyak ini dapat mempercantik dan juga melembabkan pada kulit di tubuh kalian. Untuk minyak pijat, make-up remover, menghilangkan kerutan di wajah, membunuh bakteri dan jamur yg ada di kulit, dan body scrub secara alami digunakan oleh masyarakat dalam memanfaatkan VCO.

Bagaimanakah cara penggunaannya?

Pada evening oil, usapkanlah perlahan ke seluruh bagian wajah secara merata saat sebelum tidur dan rasakanlah kulit yang sehat kencang pada saat keesokan harinya.
Sebagai minyak pijat, balurkan pada tubuh saat dipijat. Jika menginginkan aroma yg tertentu, kalian juga bisa menambahkan essential oil aroma lavender untuk relaksasi ataupun lemongrass untuk memicu sebuah energi.
Tuang beberapa tetes VCO saja pada kain kapas kemudian usapkanlah perlahan saja pada bagian wajah kalian pada penggunakan untuk make-up remover, di wajah kalian ulangilah terus pose ini hingga make up hilang seluruhnya.

Untuk penggunakan dalam menghilangkan kerutan yg berlebih, gantilah serum anti-aging kalian menggunakan VCO , caranya dengan meneteskan 3-4 tetes VCO nya ke bagian telapak tangan anda, tempelkanlah ke wajah kalian sambil dipijat perlahan-lahan dan gesek-gesekkan kedua telapak tangan kalian hingga hangat-hangat.
Campurkan gula merah dan garam dengan VCO aduk sampai merata untuk body scrub. Kemudian di bagian tubuh yang kalian inginkan gosok-gosokkanlah secara perlahan-lahan .

Dipakaikan secara topikal (olesin) inilah Rahasia Rambut Sehat Alami dan Berkilau dengan Minyak VCO., minyak VCO ini kebanyakan dimanfaatkan untuk obat eksim yang melembabkan kulit kering.

Terima Kasih atas Kunjungan Anda, Terima Kasih Dan Sampai Jumpa Lagi.. 🙂