Cara Pembuatan Briket yang Mudah dan Praktis

Bingung tentang cara pembuatan briket? pusing karena sudah mencari cara dan tidak bisa? Tenang, pada artikel kali ini saya akan membagikan tutorialnya. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara pembuatan briket yang mudah dan praktis.

Pengertian Briket

Briket arang adalah padatan berpori dan residu hitam yang mengandung karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan air dan komponen volatil dari hewan atau tumbuhan. Briket umumnya diperoleh dengan memanaskan kayu, gula, tulang, dan lain-lain. Batubara seperti arang yang berwarna hitam, ringan, mudah dihancurkan ini terdiri dari 85% hingga 98% karbon, sisanya berupa abu atau bahan kimia lainnya.

Biochar adalah biochar (sejenis bahan bakar) yang dibuat dari berbagai jenis bahan hayati atau biomassa, seperti kayu, ranting, daun, rumput, jerami, atau limbah pertanian lainnya. Biochar ini dapat dimanfaatkan dengan melalui proses pengolahan salah satunya menjadi briket biochar. Briket arang merupakan arang kayu yang mengalami perubahan wujud, ukuran dan kerapatan dengan cara menekan serbuk arang dengan campuran bahan perekat.

Cetakan adalah balok yang terbuat dari bahan yang lembut dan keras. Sedangkan briket biochar adalah gumpalan atau batangan biochar yang terbuat dari biochar (zat lunak). Bioarang sebenarnya adalah bahan lunak yang diproses dengan proses tertentu menjadi arang keras tertentu. Kualitas biochar ini tidak kalah dengan batubara atau bahan bakar batubara jenis lainnya.

Cara Pembuatan Briket dari Daun Kering

cara pembuatan briket

Jangan menggunakan sampah organik dari daun kering hanya sebagai pupuk. Namun, selain digunakan sebagai pupuk, limbah organik dari daun kering juga dapat digunakan untuk membuat briket arang. Pemkot Surabaya yang memperhatikan masalah pengelolaan sampah juga telah membentuk komunitas bagaimana mengolah sampah daun kering menjadi briket.

Ternyata, membuat briket arang sebenarnya cukup mudah. Bahan baku utama itu sudah bisa ditemukan setiap hari. Bahannya kering, ditumbuk, daun gosong dan getah yang terbuat dari pati. Berikut cara membuat briket daun. Caranya sebenarnya relatif mudah.

1. Pembakaran Daun

Langkah pertama adalah membakar daun kering. Namun, pada saat pembakaran, jangan sampai terbakar dan berubah menjadi abu. Tidak ada jenis kertas tertentu yang disukai untuk membuat cetakan. Karena menurut Hariman, semua jenis kertas bisa digunakan.

2. Hancurkan Sampai Halus

Setelah mencoba proses pembakaran, daun dimasukkan ke tahap penghancuran hingga menjadi lunak. Haluskan sampai menyerupai konsistensi pasir. Daun yang telah digiling dengan baik menyerupai pasir kemudian diayak hingga didapatkan tekstur daun yang kering dan halus.

“Sebelum dicampur dengan lem kanji, dan setelah dibakar ditumbuk sampai halus seperti pasir. Setelah itu diayak. Ini baru akan dicampur dengan lem. Tapi jangan sampai basah dengan takaran 1 dalam 3”.

3. Proses Pencampuran Lem Harus Akurat

Yang harus diperhatikan adalah proses pencampuran lem kanji dengan bubuk daun, kata Harriman. Jika komposisinya banyak mengandung lem, maka proses pengeringan akan memakan waktu lebih lama. Di sisi lain, jika ada kekurangan lem, bubuk kertas tidak akan saling menempel atau hancur saat dicetak. Kemudian diaduk dan dimasukkan ke dalam mesin cetak atau mesin cetak.

4. Cara Pembuatan Briket yaitu Pengeringan

Setelah adonan cetak siap, tinggal dikeringkan saja. Namun sebelumnya, untuk mendapatkan komposisi yang tepat, Harriman mengklarifikasi komposisi, yakni: “Satu lem dan tiga lainnya bahan (tepung daun). Aduk terus dan masukkan ke dalam mesin cetak atau mesin cetak”.

Proses printing atau pencetakan tidak memakan waktu lama. Setelah terbentuk bisa langsung masuk ke proses pengeringan. Jika terik matahari, proses penjemuran hanya memakan waktu dua hari. Sebaliknya, jika matahari tidak mendukung, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Bagi anda yang sedang mencari mesin briket arang kelapa, anda dapat menemukanya di Rumah Mesin, disana menjual mesin briket arang kelapa dan berbagai alat lainya.

Nah, cukup sekian tutorial cara pembuatan briket pada artikel kali ini. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil, dan jika cara dalam artikel ini dapat membantu kamu, jangan lupa untuk membagikan ilmu anda kepada orang-orang di sekitar kamu agar mereka semua dapat mengambil manfaatnya. Sekian dari saya, terima kasih.