Cara Membuat Keripik Singkong Enak dan Nagih

Keripik adalah salah satu camilan yang sudah terkenal di Indonesia. Pastinya semua orang sudah tahu dengan keripik singkong. Nah, kali ini saya mau memberikan resep cara membuat keripik singkong enak.

Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan makanan yang berasal dari Sulawesi Selatan (Sepertinya) dan dibuat dengan cara diiris tipis-tipis singkong kemudian digoreng dengan minyak goreng. Biasanya rasanya asin dan memiliki aroma bawang. Dengan perkembangan saat ini, rasa keripik singkong tidak hanya asin dan gurih, tetapi juga memiliki banyak variasi yang dikenal dengan bumbu asin, pedas dan manis, atau bumbu balada. Makanan ini tersebar hampir merata di seluruh Jawa.

Cara Membuat Keripik Singkong Enak dan Nagih

Cara Membuat Keripik Singkong Original

Bahan yang digunakan:

  • 1 sdm kapur sirih
  • 1 kg singkong segar
  • 250 ml air

Bumbu yang dihaluskan:

  • Minyak secukupnya untuk menggoreng.
  • 3 sdm garam halus
  • 8 bawang merah.
  • 4 buah bawang putih.
  • 1 sendok makan gula.

Cara Membuat Keripik Singkong :

  1. Singkong yang Anda pilih masih segar, jadi kupas dulu singkong yang sudah dikupas lalu cuci bersih dengan air sampai benar-benar bersih.
  2. Iris tipis singkong dengan ukuran yang sama agar lebih mudah digoreng. Itu tidak akan cukup dimasak atau dibakar nanti. Gunakan mesin perajang umbi / singkong serbaguna untuk pengirisan yang baik dan pengirisan cepat. Jika Anda tidak memiliki irisan, Anda dapat menggunakan pisau tajam untuk membuat irisan lebih baik, tetapi lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan.
  3. Kemudian masukkan singkong yang sudah diiris tipis ke dalam air putih agar rasa singkong lebih renyah.
  4. Lalu haluskan bumbu yang sudah di atas, dan bila sudah halus masukkan ke dalam bumbu singkong, aduk hingga merata dan biarkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Kemudian angkat singkong yang telah direndam sebelumnya dan tiriskan hingga airnya tidak lagi menempel atau ujungnya mengering meski tidak dijemur.
  6. Setelah itu panaskan minyak dengan api sedang dan goreng singkong kering hingga matang atau garing. Jangan lupa untuk mengaduknya saat menggoreng agar singkong tidak saling menempel.
    Selanjutnya, keluarkan dari panci dan tiriskan.
  7. Kemudian tunggu keripik singkong agar minyak tidak menempel atau sampai keripik menjadi dingin.
  8. Anda kemudian dapat menambahkan bumbu seperti cokelat, keju, dan rasa lainnya, atau bahkan tidak menambahkan apa pun untuk membuatnya asli.
  9. Anda kemudian dapat memasukkan keripik ke dalam toples penyimpanan atau wadah plastik.

Cara Membuat Keripik Singkong Keju

Bahan:

  • 200gr Bunga Protein Sedang
  • 100 gram singkong kentang tumbuk kukus
  • 20 gr tepung maizena
  • Sendok teh baking powder
  • Satu telur dikocok
  • 25 ml air es
  • Minyak goreng
  • 30 gr margarin
  • 50 gr keju cheddar
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat keripik singkong :

  1. Campur singkong, garam, margarin, tepung maizena, air es, tepung terigu, telur, baking powder dan keju hingga rata dan aduk.
  2. Regangkan adonan, potong menjadi segitiga, dan potong sedikit di tengah.
  3. Masukkan di tengah lancip
  4. Goreng hingga adonan matang
  5. Jika ingin rasa dari keripik singkong ini lebih mantap, anda bisa menggunakan mesin fryer
  6. Ketika sudah matang, nikmati keripik singkong bersama keluarga anda di rumah.

Manfaat Keripik Singkong

1. Kendalikan diabetes

Manfaat pertama keripik singkong membantu mengontrol diabetes. Kandungan serat di dalamnya sangat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dan dapat mengontrol diabetes serta menjaganya dalam batas normal. Oleh karena itu, Anda bisa mulai mengonsumsi makanan ini.

2. Mencegah penyakit jantung

Jika Anda salah satu penderita penyakit jantung, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi keripik singkong. Hal ini karena serat pangan dapat menjaga kesehatan jantung dan mencegah risiko penyakit jantung.

3. Memperkuat tulang

Tulang berperan sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Anda bisa melakukannya dengan rajin mengonsumsi keripik singkong agar tulang tetap kuat. Kandungan Vitamin K di dalamnya membantu meningkatkan massa tulang agar tulang tetap kuat dan sehat.

4. Membantu memproduksi sel darah merah

Keripik singkong tidak hanya membantu memperkuat tulang, tetapi juga membantu produksi sel darah merah. Vitamin B kompleks dalam makanan ini membantu memproduksi sel darah merah sehingga anemia bisa dicegah.

5. Mencegah risiko kanker usus besar

Kanker usus besar adalah kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir dari sistem pencernaan. Untuk mencegahnya, konsumsilah keripik singkong. Kandungan serat di dalamnya membantu mencegah risiko kanker usus besar.

6. Membantu pertumbuhan tubuh

Mengambil keripik singkong juga sangat efektif dalam membantu pertumbuhan tubuh Anda. Kandungan makanan yang disebut riboflavin ini membantu pertumbuhan tubuh dan membantunya dikonsumsi untuk pertumbuhan tubuh yang sehat dan sehat.

7. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat disebabkan oleh banyak makan makanan yang tinggi lemak jenuh. Anda bisa mengonsumsi keripik singkong ini untuk menurunkan kadar kolesterol jahat Anda. Kandungan potasium di dalamnya dapat mengatur tekanan darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Itulah resep cara membuat keripik singkong enak dan nagih. Resep ini dapat anda coba sendiri di rumah. Dan tentunya gampang.