Differential Pressure Flowmeter

Differential Pressure Flow meter (Prinsip) di dasarkan terhadap persamaan Bernoulli yang menguraikan hubungan pada tekanan dan kecepatan terhadap suatu aliran fluida.

Alat ini memandu aliran ke di dalam suatu penghalang aliran (yang membawa lubang bersama dengan diameter yang tidak serupa bersama dengan diameter pipa), sehingga menyebabkan perubahan kecepatan aliran (flow velocity) dan tekanan (pressure) pada sisi upstream dan downstream dari penghalang. Dengan mengukur perubahan tekanan tersebut, maka kecepatan aliran sanggup dihitung.

 

Differential Pressure Flowmeter General Specification

Differential pressure atau head flow measurement merupakan metoda pengukuran flow yang paling populer kala ini untuk mengukur aliran fluida di industri proses. Flowmeter ini diaplikasikan untuk cryogenic, Clean Gas, Dirty Gas, Clean Liquid, Dirty Liquid, Viscous Liquid, Saturated Steam, Superheated Steam dan tidak disarankan untuk Corrosive Liquid dan Abrasive Slurry.

-Memiliki Line Size kisaran : 6 ~ 300 mm (1/4 ~ 12 inch)
-Turndown Ratio: 10 : 1

Kelebihan

-Biaya pengadaannya awal : rendah ~ sedang
-Dapat digunakan di di dalam cakupan luas (hampir semua phase fluida dan situasi aliran).
-Strukturnya kokoh dan sederhana

 

Kekurangan

-Rugi tekanan (pressure drop) : tengah ~ tinggi
-Primary Elements untuk DP Flowmeters

Berbagai tipe primary element yang tersedia dipasaran untuk DP flowmeters pada lain : orifice plates, venturi tube, flow nozzle, pitot tube, anubar tubes, elbow taps, segmental wedge, V-Cone dan Dall Tube. Jenis yang paling banyak digunakan adalah orifice plate, tapi element lain menawarkan sebagian kelebihan untuk aplikasi tertentu.