fungsi dari logo

Fungsi dari Logo untuk Bisnis Perusahaan Anda

 

Fungsi dari Logo – Saat membangun perusahaan atau bisnis, mengetahui cara kerja logo dan cara melakukannya dengan benar sangatlah penting. Logo menjadi identitas sebuah perusahaan sehingga konsumen dapat lebih mudah mengenalinya. Jika logo menarik, tentunya konsumen akan penasaran dan akan membeli produk Anda.

Padahal, banyak seklai hal yang harus diperhatikan saat membangun bisnis jika ingin bisnis Anda cepat berkembang. Salah satunya adalah membuat logo bisnis, yang harus akurat dan mencerminkan bisnis yang Anda tawarkan. Hal ini memudahkan konsumen untuk menerima produk Anda.

 

Fungsi dari Logo Untuk Bisnis Perusahaan Anda

fungsi dari logo untuk bisnis Anda

 

1. Dapat Menarik Perhatian

Konsumen memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Bisnis perusahaan memiliki waktu sekitar dua detik untuk dapat meyakinkan pelanggan bahwa produk mereka layak untuk dipertimbangkan.

Sedangkan, sebuah logo dapat dengan cepat menarik perhatian orang dan mengomunikasikan nilai-nilai inti perusahaan dengan cara yang menarik. Rentang perhatian yang pendek dapat menguntungkan Anda jika Anda memiliki logo yang bagus.

 

2. Membuat Kesan Pertama yang Kuat

Apa fungsi penting dari logo? yaitu sebagai presentasi pertama perusahaan kepada konsumen. Ketika logo didesain dengan baik, itu dapat membangkitkan minat konsumen untuk lebih mengenal perusahaan.

First impression itulah yang merupakan cara jitu untuk segera mengomunikasikan kepemilikan dari produk atau jasa yang sedang Anda jual. Dengan gambar atau simbol tertentu, maka orang bisa langsung menebak ketika mengaitkannya dengan nama perusahaan Anda.

 

3. Sebagai Dasar Identitas

Branding yang sukses yaitu memiliki kemampuan menceritakan kisah yang menyentuh emosi pelanggan. Meskipun logo hanya bagian dari sebuah merek, itu juga berfungsi sebagai dasar dari keseluruhan cerita di mana merek dibangun.

Misalnya KFC dengan logo Colonel Sanders. Terdapat cerita kisah emosional di balik desain logo tersebut. Orang juga tahu kisah hidup Kolonel Sanders yang selalu bermasalah. Hingga akhirnya ia menemukan resep ayam yang disukai di berbagai generasi.

 

4. Dapat Diingat dengan Mudah

Logo adalah sebuah fitur pengenal. Ini adalah simbol yang digunakan konsumen untuk mengidentifikasi merek Anda.

Idealnya, logo Anda akan dapat mengingatkan konsumen tentang industri Anda atau apa yang dilakukan perusahaan Anda.

 

5. Untuk Lebih Menonjol dari Para Pesaing

Anda harus berani untuk membuat logo yang beda dari logo lain. Karena, logo perusahaan harus memberi tahu konsumen mengapa perusahaan Anda unik dibanding yang lain.

Misalnya, Anda memiliki toko pakaian. Tentu saja terdapat ratusan pesaing di kota Anda. Namun dengan logo yang menggambarkan dengan jelas industri Anda, Anda dapat menarik konsumen yang ingin membeli pakaian untuk mengunjungi toko Anda.

 

6. Dapat Meningkatkan Loyalitas Merek

Logo yang baik itu dapat membantu bisnis menarik pelanggan setia. Ketika suatu produk menawarkan produk yang berkualitas kepada pelanggannya, mereka biasanya tertarik dengan bisnis yang berulang.

Dengan kata lain, logo perusahaan dapat membantu meningkatkan loyalitas merek dan mempertahankan pelanggan setia.

 

7. Mengidentifikasi Informasi Penting Tentang Perusahaan

Logo adalah refleksi dan representasi dari bisnis yang sedang berjalan. Logo yang baik harus dapat mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan sendiri kepada pelanggan hanya dengan melihatnya.

Logo harus dapat mengomunikasikan industri tempat perusahaan beroperasi, layanan yang ditawarkannya, kelompok sasaran, dan nilai-nilai yang diwakilinya.

 

8. Untuk Membangun Kesadaran Merek

Logo yang mudah diingat konsumen akan memberikan dampak positif bagi bisnis. Logo harus mampu menciptakan pernyataan visual yang kuat dan relevan dengan bisnis yang sedang ditawarkan.

Hubungan ini membantu pelanggan lebih mudah mengingat merek, sehingga dapat menciptakan kesadaran merek yang baik, dimana konsumen dapat langsung mengingat bisnis Anda hanya dengan melihat logo saja.

 

9. Konsumen Sendiri yang Mengharapkannya

Logo Anda adalah hal pertama yang dicari pelanggan ketika mereka melihat komunikasi Anda tentang merek Anda. Itu harus ditempatkan di tempat yang paling terlihat dari semua materi pemasaran.

Mulai dari kartu nama, flyer, iklan, dan tentunya layar utama di website e-commerce, marketplace, dan media sosial. Jika Anda tidak memiliki logo, Anda akan kehilangan kesempatan untuk membuat bisnis Anda menonjol di benakpara audiens target Anda. Sekarang Anda tahu apa tujuan dari logo itu.

 

Baca juga : Cara Membuat Logo Olshop Dengan PicsArt dan Mudah di HP

 

Jadi, Itulah 9 fungsi dari logo untuk Bisnis perusahaan Anda. Jangan mau kalah dengan para pesain Anda, buatlah logo yang unik dan mudah diingat. Semoga bermanfaat!