Fungsi Guiding Block di Masyarakat

Guiding Block – Tujuan dari penerapan Guiding Block ini digunakan sebagai lantai khusus yang digunakan untuk mendukung dalam memandu penyandang difabel supaya dapat memberikan kenyamanan saat berjalan baik bagi Tunanetra ataupun bagi pejalan kaki yang lain.

Selain itu, ada beberapa fungsi dari pengaplikasian Guiding Block ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Difabel
Tactile paving block memiliki fungsi utama yakni sebagai media untuk menuntun para disabilitas dalam berjalan dengan selamat tanpa rasa takut akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Tactile paving ini terdapat motif yang berguna untuk memberikan tanda sebagai penunjuk jalan untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra di dalam beraktifitas. Pada Tactile paving ini terdapat dua motif yang berbeda yang dipilih dari huruf Braile.

2 pola tersebut adalah pola garis-garis lurus yang berfungsi untuk membantu memandu penyandang disabilitas, selain itu juga bentuk pola ini juga mempunyai arti bahwa di jalan tersebut dapat terus berjalan, Guiding block tactile paving ini biasa dikenal dengan Guiding Block Line type. Tactile paving block line type ini biasa dilekatkan berderetan memanjang sesuai jalur jalan.

Satu motif yang lain adalah Tactile paving block dengan bentuk pola bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang sering dikenal dengan nama Guiding block tactile paving Spot type. Guiding Block spot type berfungsi untuk memberikan tanda untuk berhenti.

2. Memberikan keamanan bagi penyandang difabel di saat berjalan
Walaupun memiliki keterbatasan fisik, seorang penyandang disabilitas khususnya tunanetra tetap mempunyai kewajiban yang sama di dalam memakai fasilitas seperti jalan, trotoar, dan sebagainya yang terdapat pada masyarakat.

Dengan dipasangnya media bantu tersebut diharapkan bisa bermanfaat dalam meminimalisir terjadinya resiko bahaya yang dapat menimpa difabel di saat berjalan.

Selain itu dengan terdapatnya Guiding block tactile paving ini dapat memberikan kemudahan akses untuk disabilitas serta bagi pejalan kaki lainnya.

3. Memperindah tatanan kota
Manfaat lain dari Guiding block tactile paving ini yaitu untuk menambah keindahan dari tatanan kota karena dengan pemasangan Tactile paving block ini memberikan nilai estetika yang lebih yang mampu mempercantik pemandangan kota seperti trotoar, jalan taman, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastinya dengan melakukan pemasangan Guiding Block ini akan mendapat nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan kepentingan bersama tak terkecuali bagi para penyandang difabel.