cara merawat kambing etawa agar cepat besar

Cara Merawat Kambing Etawa Agar Cepat Besar yang Mudah

Bingung cara merawat kambing etawa agar cepat besar? pusing karena telah mencari cara untuk membuatnya dan masih belom ketemu? Tenang kali ini saya akan memberikan tutorialnya. Kalau kamu penasaran mau mencobanya, saya akan memberikan tutorial cara merawat kambing etawa agar cepat besar.

Pengertian Kambing Etawa

Kambing etawa merupakan kambing dengan posisi tubuh yang besar, tidak hanya untuk diperas susu dan konsumsi dagingnya saja, kambing itawa jenis ini juga banyak diternak oleh warga karena penjualan kambing itawa tidak jauh berbeda dengan kambing jawa. Dan perlu diketahui juga bahwa harga jual kambing/ekor Ittawa bisa mencapai 4-5 juta.

Namun sebelum terjun ke dunia bisnis ini, Anda harus mempersiapkan mental, visi dan informasi untuk prospek masa depan agar tidak berhenti di tengah jalan, antara lain sebagai berikut:

  • Mengingat pandangan pasar di masa depan, kami bertujuan untuk menentukan apakah kambing Ittawa yang kami jual berasal dari daging dan susu.
  • Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari orang yang pertama kali berbisnis, agar kita tidak kesulitan beternak kambing
  • Untuk biaya awal jangan keluarkan banyak uang, belajar dulu beli pembibitan untuk mendapatkan keturunan yang baik

Cara Merawat Kambing Etawa Agar Cepat Besar

cara merawat kambing etawa agar cepat besar

1. Sesuaikan jumlah kambing dengan ukuran kandang

Cara merawat kambing agar cepat gemuk, yang bisa dilakukan adalah memperkirakan ukuran kandang yang benar sesuai dengan jumlah kambing. Jangan biarkan kandang kecil dengan begitu banyak kambing sehingga mereka memiliki ruang gerak yang sangat terbatas. Idealnya, Anda harus menyediakan 1,1m x 1,25m per kambing. Jadi Anda hanya perlu melipatgandakan ukuran kandang pada kambing yang akan menghuninya.

2. Pilih benih premium

Sama pentingnya untuk diingat untuk memilih benih yang sangat baik. Biasanya peluang beternak kambing sangat besar atau tidak dapat diketahui dengan ciri-ciri tertentu. Ini, tentu saja, ada hubungannya dengan genetika dan bakatnya untuk tumbuh. Jika Anda masih pemula, Anda bisa mencari bantuan dari ahlinya untuk menemukan kambing gemuk yang mudah dibuat.

3. Pilih tempat yang tenang

Ternyata pertumbuhan kambing juga dipengaruhi oleh lokasi tempat mereka tinggal. Pilih kandang untuk kambing Anda di lingkungan yang tenang agar tidak terganggu oleh keramaian. Jika Anda menempatkannya di tempat yang tenang dan nyaman, maka nafsu makannya akan baik. Hindari berkerumun, karena ini akan membuatnya gugup, tidak mau makan dan sakit. Jika kambing sakit, maka tubuhnya akan sulit menjadi gemuk.

4. Berikan pakan yang bergizi

Syarat mutlak sebagai cara merawat kambing agar cepat gemuk adalah dengan memberikan pakan yang bergizi. Pakan ini harus bervariasi dan memberikan makanan yang disukai kambing agar nafsu makannya tetap terjaga.

Pastikan untuk menyediakan makanan hijau seperti daun atau rumput yang bisa dengan mudah didapatkan di sekitar Anda. Dengan cara ini Anda akan menghabiskan lebih sedikit tetapi tetap harus menyediakan pakan yang kaya vitamin, karbohidrat, protein dan mineral agar sehat.

5. Jaga kebersihan kandang

Bersihkan kandang secara teratur dari kotoran dan pakan yang jatuh. Hal ini akan mengurangi infestasi kambing dengan penyakit yang dapat menyerangnya. Jangan biarkan kambing Anda sakit atau bertambah berat badan.

6. Identifikasi penyakit kambing

Waspadai berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang kambing setiap saat. Jadi jika ada tanda-tanda kambing sakit, segera cari tahu dan berikan obat sesuai keadaan dengan berkonsultasi dengan petugas kesehatan hewan.

7. Memberi obat pada kambing yang sakit

Jika kambing sakit, segera berikan obat sesuai anjuran dokter hewan. Jangan biarkan berlarut-larut dan semakin parah.

8. Pengendalian penyakit pada kambing

Anda harus tahu apakah penyakit yang diderita kambing Anda mudah menular atau tidak ke kambing lain. Jika menular, segera isolasi dan pisahkan dari yang lain agar kambing lain tidak sakit juga.

9. Minum secukupnya

Selain makanan, minuman juga harus disajikan dalam jumlah yang cukup agar tubuh sehat dan gemuk.

10. Menjaga nafsu makan kambing

Agar nafsu makan kambing baik dan cepat gemuk, Anda bisa menambahkan suplemen dan vitamin untuk kambing.

11. Pakan yang difermentasi

Selain hijauan segar, Anda bisa memberikan pakan fermentasi sebagai dispersan. Pakan ini dapat terdiri dari dedak, garam, pakan hijauan dan air. Ini akan sangat baik dan akan membuat kambing cepat gemuk.

12. Memberi pakan tambahan

Agar cepat gemuk, berikan pakan tambahan pada kambing berupa dedak, tahu dan singkong.

13. Kandang yang nyaman

Dengan menyediakan kandang yang nyaman, kambing akan tumbuh lebih sehat dan optimal sehingga kualitas daging tetap terjaga.

14. Posisi kandang terkena sinar matahari

Simpan kandang di tempat yang sejuk dan mendapat sinar matahari yang cukup. Disarankan untuk membuat kandang di dekat pohon yang rindang.

15. Sirkulasi Udara yang Cukup

Jangan biarkan kandang kambing Anda terlalu basah dan pengap dengan memberikan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini tentu saja agar Anda tidak mencium bau kandang kambing.

Baca Juga : Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk yang Ampuh

Baik cukup sekian tutorial tentang cara merawat kambing etawa agar cepat besar pada artikel kali ini. cukup mudah bukan? Selamat mencoba serta semoga berhasil, dan jika cara di dalam artikel ini bisa membantu kamu, jangan lupa berbagi ilmu pada orang disekitarmu agar mereka semua dapat merasakan manfaatnya. Sekian dari saya terima kasih.