panel ATS

Fungsi Panel ATS yang Perlu Anda Tahu!

Setiap komponen pada suatu rangkaian listrik gedung tentu saja memiliki fungsi atau peranan masing-masing yang saling terhubung. Panel ATS sebagai sistem panel listrik juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting.

Beberapa Fungsi dari Panel Listrik Automatic Transfer Switch

Panel listrik jenis ATS merupakan sistem panel listrik pada genset yang bekerja secara otomatis di suatu gedung. Apa fungsi dari jenis panel listrik tersebut? Berikut ini penjelasan tentang fungsi ATS yang harus Anda ketahui dengan detail, yaitu:

1. Fungsi Otomatis Perpindahan Arus Listrik

Fungsi panel genset jenis ATS yang paling utama adalah bekerja secara otomatis dalam mengatur perpindahan arus listrik dari dua buah sumber listrik, seperti genset dan PLN.

Fungsi otomatis ATS ini sangat berperan untuk membuat aliran listrik di suatu gedung tetap menyala selama 24 jam walaupun aliran listrik PLN sedang terputus. Hal inilah yang membuat panel listrik Automatic Transfer Switch digunakan pada rangkaian listrik gedung-gedung besar.

2. Fungsi Kontrol

Panel ATS juga memiliki fungsi kontrol pada rangkaian sistem listrik. Fungsi tersebut didukung dengan adanya komponen switch pada ATS untuk memindahkan suplai listrik dalam rangkaian listrik suatu gedung.

Selain itu, ATS juga memiliki fungsi kontrol sebagai pengatur jumlah arus listrik agar tidak terjadi overload atau kelebihan jumlah aliran listrik. Fungsi kontrol ATS ini didukung dengan adanya sistem perlindungan atau proteksi.

3. Fungsi Manual

ATS memang memiliki fungsi atau prinsip kerja utama secara otomatis, tetapi sebenarnya jenis panel listrik ini juga dapat bekerja secara manual. Fungsi panel listrik ATS yang bekerja manual harus diprogram terlebih dahulu dengan cara tertentu.

Pada umumnya, fungsi ATS manual ini dilakukan ketika saat instalasi atau pemasangan rangkaian listrik di awal pengerjaan gedung. Selain itu, fungsi manual ATS juga dijalankan ketika ada permasalahan pada bagian kontroler.

Penggunaan fungsi manual dari ATS harus menggunakan satu sumber aliran listrik. Ketika ingin mengalihkan sumber listrik ke sumber utama, maka pengaturan standby generator harus mati atau off.

Panel ATS memiliki fungsi dan peranan penting dalam mengatur aliran listrik di suatu gedung. Oleh karena itu, pemasangannya harus dilakukan dengan tepat tanpa kekeliruan. Langsung saja hubungi Galleon (https://galleoncy.com/) untuk menggunakan jasa instalasi listrik terpercaya!