Resep Bistik Daging Giling Dengan Telur

Ini Dia Resep Bistik Daging Giling Dengan Telur

Bistik, seringkali dijadikan menu utama olah para ibu rumah tangga, Selain rasanya yang lezat olahan daging giling sapi ini juga mudah dibuat dirumah karena dibuat dengan bumbu bistik daging giling rumahan khas Indonesia. Yuk kepoin resep bistik daging giling dengan telur yang mudah dan enak.

Bistik

Resep Bistik Daging Giling Dengan Telur

Bistik sendiri marupakan kata serapan dari beef steak yang merujuk pada daging sapi. Nah, beef steak berupakan olahan daging yang tidak biasa, daging yang biasa dipakai adalah bagian daging tinderolin / sirloin (daging yang terlepas dari jaringan otot). Namun, bistik (beef steak) diIndonesia bahan utama resep beef steak tidak harus daging sapi, melainkan bisa menggunakan daging ayam atau daging ikan.

Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Sebenarnya banyak bagian daging sapi yang dapat diolah, namun untuk resep bistik daging giling ini biasanya mengunakan daging bagian sirloin dan tinderloin. Apa perbedaannya ? yuk simak.

1. Perbedaan Berdasarkan Struktur Daging

Baik sirloin dan tinderloin memiliki struktur daging yang paling lembut di antara bagian daging sapi lainnya. Namun, sirloin memiliki tekstur yang lebih keras atau lebih keras, sedangkan tinderloin umumnya lebih empuk. Potongan tinderloin juga lebih tebal dari sirloin.

2. Perbedaan Berdasarkan Waktu Memasak

Struktur daging pinggang yang lebih keras atau keras membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama, sekitar 6 hingga 10 menit untuk setiap sisi daging, agar diperoleh daging yang gurih dan empuk.

Berbeda dengan pengolahan sirloin, waktu pemasakan tinderloin tidak boleh terlalu lama dikarenakan tekstur daging yang lebih lembut. Jika dimasak terlalu lama, struktur daging yang dihasilkan akan menjadi keras.

3. Kandungan Gizi

Meski sering dikatakan bahwa sirloin memiliki lemak yang menempel di tepi daging, namun fakta menunjukkan bahwa dalam 100 gram sirloin mengandung 14,28 gram lemak. 100 gram daging fillet kini mengandung 18,16 gram lemak.

Dengan kandungan lemak yang lebih tinggi ini maka tinderloin akan semakin nikmat karena kandungan lemaknya dipercaya dapat menambah rasa dan aroma yang gurih. Namun, perlu anda waspadai bahwa lemak yang berlebihan bisa menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, konsumsi yang tidak diimbangi dengan makanan berserat dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit.

Manfaat Daging Sapi

daging sapi

Selain lezat, daging sapi sirloin dan tenderloin sangat kaya akan manfaat yang diperlukan oleh tubuhmu. Nah, manfaat daging sapi untuk tubuhmu antara lain:

  • Sebagai sumber energi yang besar.
  • Membantu pembentukan otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat.
  • Membantu mencegah diabetes dan obesitas.
  • meningkatkan sel darah merah, sehingga mencegah anemia.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Merawat kesehatan kulit.
  • Mencegah stroke dan serangan jantung.
  • Mengatur berat badan.
  • Mencerdaskan otak anak kesehatan kognitif (otak).
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.

Trik Mengolah Daging Giling / Daging Cincang

Ikuti tips dan trik di bawah ini untuk memelihara dan membuat daging giling yang berkualitas dan higienis:

  1. Pilih daging tanpa lemak dan buang lemak keras.
  2. Potong daging menjadi irisan tipis dengan pisau lebar dan tajam.
  3. Cincang daging satu arah, jangan lupa balik daging cincang agar rata.
  4. Anda juga bisa menggunakan penggiling daging untuk hasil berkualitas tinggi.
  5. Untuk persiapan resep daging giling, ada baiknya mencampurkan daging dengan bumbu dan bahan lainnya sebelum dimasak.
  6. Saat membeli daging cincang dari pasar tradisional atau supermarket, sebaiknya daging tidak dicuci agar tidak larut.
  7. Sebaiknya tanyakan pada tukang daging di pasar tradisional apakah penggiling daging yang digunakan dibedakan menurut jenis dagingnya atau tidak. Lebih baik memilih penjual yang menggunakan penggiling dan pisau yang berbeda untuk setiap jenis daging.
  8. Pastikan penjual daging menjual daging segar dan halal di pasar tradisional dan supermarket

Sebelum membeli daging sapi, pastikan dagingnya segar. Berikut cara memilih daging sapi segar.

Resep Bistik Daging Giling dengan Telur

Salah satu resep bistik daging giling yang bisa Anda coba adalah bistik daging giling dengan campuran kocokan telur yang dipadu bersama dengan saus manis lezat dan juga kombinasi rempah lainnya. Hidangan kali ini tentu saja bisa menjadi hidangan yang lezat dan nikmat untuk keluarga Anda yang bisa disajikan kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, resep bistik daging giling ini bisa dipadukan bersama dengan nasi hangat ataupun dengan ketupat. Apalagi kalau diberikan taburan bawang goreng dibagian atasnya. Sudah pasti semua makanan yang Anda sajikan ini akan banyak yang suka.

Bahan-bahan  :

  • 1/4 kg daging sapi cincang
  • 3 sendok makan mentega
  • 5 buah tomat
  • garam secukupnya

Bahan Untuk Saus Kecap Manis Bistik Giling :

  • Irisan halus 8 buah bawang merah
  • Kecap manis secukupnya
  • 300 cc kaldu sapi
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • Garam secukupnya
  • 3 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 5 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Bistik Daging Giling :

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mencampur daging cincang halus dengan telur dan berikan garam untuk menambah rasa kemudian aduk-aduk hingga merata.
  2. Setelah selesai melumuri daging dengan telur dan garam, letakan adonan dalam wajan anti panas dan oven hingga bistik menjadi matang merata.

Cara Membuat Saus Bistik :

  1. Setelah selesai dengan daging bistik, selajutnya kita akan buat saus kecap manisnya dengan memanaskan minyak dalam wajan kemduian tumis irisan bawang merah hingga tercium aroma harum.
  2. Selanjutnya masukkan kuah kaldu sapi kedalam tumisa tersebut dan aduk-aduk hingga menjadi rata.
  3. Tambahkan lada, kecap manis, garam dan pala secukupnya hingga rasa dan bumbunya pas. Kemudian aduk kembali hingga merata.
  4. Selanjutnya masak saus bistik daging hingga mendidih. Angkat dan matikan.

Note :

Nah, mudahkan? Kalian bisa mengkrasikan rasanya sesuai selera. Masih banyak resep daging giling sapi yang lain. Selamat mencoba.