kegunaan serat sabut kelapa

Kegunaan Serat Sabut Kelapa Bagi Manusia

Kelapa bermanfaat untuk memperbaiki struktur tanah karena berfungsi seperti spons untuk menahan air yang berguna bagi tanaman. Kapasitas retensi air kelapa lebih baik daripada kebanyakan pengganti tanah lainnya dan dapat menahan 7-10 kali beratnya.

Tidak hanya manfaat kelapa saja, ternyata ada bagian lain dari kelapa yang bisa dimanfaatkan, yaitu sabut kelapa. Meski termasuk jenis limbah, manfaat kelapa-kelapa dimanfaatkan dalam berbagai cara. Apa saja manfaat kelapa? Beberapa dari mereka terdaftar di bawah ini:

1. Membuat Sapu Ijuk

Sapu ijuk seolah menjadi salah satu jenis alat rumah tangga yang tidak lepas dari kehidupan bersih-bersih ibu rumah tangga atau pembantu rumah tangga. Ya, sapu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang salah satunya terbuat dari limbah pengolahan kelapa yaitu sabut kelapa.

Manfaat kelapa kering biasanya diolah dengan cara ini. Pada akhirnya dibentuk menjadi ijuk tipis yang diikat menjadi satu dan disatukan menjadi sapu ijuk yang sering kita gunakan sehari-hari.

2. Media Pembakar Pengganti Kertas

Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa juga sering kali perlu menggunakan sabut kelapa sebagai media untuk membakar batok kelapa. Anda juga bisa melihat penggunaan sabut kelapa sebagai alat pembakaran di rumah makan Padang sebagai pengganti kertas. Hal ini dikarenakan sifat dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

3. Produksi Pupuk Organik

Siapa sangka, ternyata manfaat kelapa bisa diolah dan dijadikan semacam pupuk organik juga. Pupuk organik yang terbuat dari serabut kelapa ini dapat mengeluarkan air 60% lebih banyak dibandingkan pupuk konvensional. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk daerah yang curah hujannya sedikit atau daerah yang kekeringan.

Selain itu, sabut kelapa juga mengandung unsur hara dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, sehingga sangat cocok sebagai bahan pembuatan pupuk organik.

4. Menetralisir Bau Air dan Semen di Kolam Ikan

Bagi para pengusaha ikan, baik ikan hias maupun ikan budidaya di kolam semen, tempurung kelapa tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, tempurung kelapa sering digunakan untuk menetralkan kadar air di kolam yang baru dibangun, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam.

Mengapa? Karena ikan yang ditempatkan langsung di kolam yang baru dibuat kemungkinan besar akan mati. Ini karena ikan tidak bisa mentolerir campuran air dan bau semen baru.

5. Produksi Briket Ramah Lingkungan

Baca Juga : https://www.rumahmesin.com/produk/mesin-pengolahan-sabut-kelapa/

Tentunya sabut kelapa juga memiliki keunggulan yang sangat baik untuk dijadikan briket. Seperti diketahui, briket selama ini hanya dibuat dari batu bara, namun ternyata briket juga bisa diolah dan dibuat dari limbah, termasuk sabut kelapa.

Ini merupakan penemuan yang menarik tentunya karena biaya pembuatan briket tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan batu bara.

6. Kerajinan

Indonesia merupakan negara dengan berbagai suku bangsa. Dengan berbagai suku bangsa tersebut, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik adalah pemanfaatan sabut kelapa, yang diolah menjadi tas, dompet dan bentuk hiasan dan penyajian lainnya.

Baca Juga : https://www.rumahmesin.com

7. Membuat Jaring Kelapa

Sabut kelapa merupakan salah satu bentuk olahan manfaat kelapa berupa jaring. Jaring kelapa ini biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya tanah longsor di suatu daerah dengan langkah-langkah untuk meminimalisir terjadinya tanah longsor di suatu daerah.