beli materai

Kesalahan dalam Membeli Materai

E-materai atau yang lebih dikenal dengan materai elektronik merupakan jenis materai dengan ciri khusus. Meliputi unsur pengaman yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah sebagai pajak atas sebuah dokumen tertentu.

Sayangnya, banyak yang salah ketika beli materai. Beberapa kesalahan tersebut akan dirangkum dalam pembahasan kali ini.

Jadi ketika menemukan hal yang sama di masa depan, maka kejadian materai salah tidak akan terulang lagi.

Beberapa Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Beli Materai

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa materai elektronik  memiliki fungsi sebagai bukti pelunasan pajak atau dirilisnya dokumen elektronik tertentu. Apabila terjadi masalah, maka nantinya dokumen bisa dipertanggungjawabkan di pengadilan.

Beberapa orang, memang mengaku beli materai elektronik dan non elektronik di tempat yang terpercaya. Pada kenyataannya, ada yang palsu atau bahkan ditipu. Kesalahan di bawah ini bisa Anda hindari agar tidak terjadi hal yang sama:

  1.  Tidak Memiliki Kode Unik

Setiap materai elektronik, memiliki kode unik yang berupa nomor seri. Banyak yang hanya asal membeli materai namun tidak pernah memperhatikan kode unik ini. Letaknya di sebelah kanan bawah.

Jadi suatu saat ketika Anda membeli materai elektronik. Silahkan periksa bagian ini, jika tidak ada, maka patut dipertanyakan.

  1.  Terdapat Gambar Garuda

Burung garuda merupakan lambang negara yang sah digunakan untuk dokumen atau produk apapun sebagai ciri kelegalan. Kesalahan yang sering dilakukan, membeli materai tanpa memperhatikan apakah ada gambar burung garuda atau tidak.

  1.  Terdapat Tulisan “MATERAI ELEKTRONIK”

Pastikan ada tulisan “MATERAI ELEKTRONIK” di materai yang Anda beli. Jika tidak, maka sudah dipastikan itu palsu dan tidak bisa digunakan untuk peresmian dokumen apapun. Tulisan tersebut biasanya terletak di bawah gambar burung garuda.

  1.  Membeli di Tempat yang Tidak Resmi

Membeli materai elektronik tidak bisa dilakukan di sembarang tempat, karena resiko terjadinya pemalsuan dan penipuan. Anda hanya boleh membeli di lembaga resmi yang sudah ditunjuk oleh pemerintah untuk menanganinya.

Peruri adalah satu-satunya lembaga sertifikasi nasional sebagai tempat untuk beli materai elektronik secara resmi dan anti pemalsuan. Silahkan buka  https://www.peruri.co.id/ untuk mengetahui anak perusahaan atau yang bermitra dengan Peruri agar tidak salah