Manfaat Dari Sabut Kelapa

Hay teman-teman berjumpa lagi dengan aku, Pada kesempurnaan ini aku akan menjelaskan tentang artikel yang berjudul manfaat dari sabut kelapa.

Manfaat Dari Sabut Kelapa Untuk Media Tanam Aglonema

 

Media tanam untuk tanaman jenis aglonema memang sangat berperan terhadap indah tidaknya tampilan dari daun dan perkembangannya.

Jika kita menggunakan media tanam yang tidak cocok,tanaman aglonema ini tumbuh enggang.

Makanya jika kita tertarik atau suka bertanam tanaman hias aglonema, media tanam harus kita perhatikan.

Salah satu campuran media tanam aglonema yaitu sabut kelapa yang sudah diolah menjadi cocopeat dengan metode mesin pengolah sabut kelapa.

Mengapa sabut kelapa ? , Karena sabut kelapa terbukti sangat bagus dan baik untuk media tanam aglonema.

Meskipun diakui ,sebagian dari masyarakat belum mengetahui nutrisi apa saja yang terkandung pada sabut kelapa untuk tanaman.

Berbagai ungsur dari zat kalium yang dikandung oleh sabut kelapa memang dibutuhkan oleh tanaman kita untuk membantu pertumbuhannya.

Belum lagi jika kita campurkan dengan beberapa media tanam lainya yang mengandung unsur hara seperti tanah.

Hanya sabut kelapa yang kita gunakan saja sudah terlihat manfaatnya untuk tanaman apalagi jika ditambahkan dengan media tanam lain!

Media tanam sabut kelapa ini ternyata memiliki jamur yang bernama trichoderma SPP yang sering kita sebut juga dengan nama (MOL).

Jamur ini ternyata juga berperan aktif sebagai agen antagonis terhadap beberapa parasit yang menempel pada akar tumbuhan.

Oleh sebab itu dengan kita mengenal tanaman menggunakan sabut kelapa tanaman hias aglonema tidak mudah untuk terserang berbagai parasit dan hama perusak tanaman yang dapat mempengaruhi pembusukan pada bagaian akar tanaman.

Media Tanam Aglonema

Media tanam untuk tanaman aglonema sebaiknya kita harus pintar untuk membentuk media tanam sabut kelapa hampir menyerupai bentuk habitatnya.

Tempat akar aglonema yaitu menjangkar penuh dengan humus , serat-serat seperti kayau pakis ,bahan organik dan prositasnya sangat baik.

Alangkah baiknya saat kita mampu untuk membuat tempat tinggalnya identik dengan habitatnya.Oleh sebab itu kita harus susunan dari bahan-bahan yang cocok.

Tidak ada untuk kita formula tunggal dalam campuran media tanam tanaman yang memiliki bintik pada daunya yang indah ini.

Beberapa Bahan Campuran Media Tanam Aglonema

  • Cocopeat
  • Kompos
  • Pupuk kandang
  • Humus bambu
  • Serkam bakar
  • Arang

Ikutan sabut kelapa untuk media tanam sabut kelapa . Untuk membantu media tanam aglonema kita harus mempersiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya.

Bahan ini berbentuk dari berbagai variasi tentunya dengan mengikutsertakan sabut kelapa yang sudah diolah menjadi cocopeat.

Cara Membuat Media Tanam Aglonema

Ada berbagai langkah untuk kiat membuat media tanam aglonema. Tetapi dalam beberapa opsi dari media tanam aglonema kita perlu untuk mencampurkan sabut kelapa sebagi variasi media tanam.

Mari kita simak untuk membuat media tanam aglonema:

Pertama hal yang harus kita ingat yaitu pada bagian dasar pot yang harus kita isi sebagi landasan yaitu dengan kerikil ,pecahan genting ataupun arang agar tidak mampat.

Kemudian kita masukkan cocopeat dan akar tanaman aglonema langkah selanjutnya yaitu kita bisa tutup akar tanaman aglonema dengan campuran tanah dan cocopeat secukupnya dan pada bagian atas kita dapat untuk menambah media serkam bakar.

Setelah selesai kita letakkan tanaman aglonema ke tempat yang rindang dan sejuk jangan lupa untuk menyiramnya namun jangan terlalu sering ya.

Manfaat Dari Sabut Kelapa Untuk Media Tanaman Aglonema

  1. Membantu menumbuhkan daun yang berwarna cantik.
  2. Membuat tanaman subur dengan media sabut kelapa.
  3. Dapat mengurangi organisasi yang merugikan.
  4. Membantu akar tanaman aglonema cadangkan air

Demikian artikel yang berjudul manfaat dari sabut kelapa yang dapat aku jelaskan bila ada salah kata aku mohon maaf . Semoga bermanfaat dan membantu 🙂