energi baru terbarukan

Manfaat Energi Baru Terbarukan Bagi Kehidupan

Energi yakni suatu hal yang tak akan pernah lepas dari kehidupan setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup di bumi ini membutuhkan energi untuk melakukan aktivitasnya. Energi yakni suatu objek yang bisa berpindah tempat melalui interaksi fundamental, yang bisa diubah bentuknya, tapi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

Energi baru terbarukan adalah sebuah sumber energi yang asalnya dari alam. Sumber energi tersebut bisa diperbaharui secara bebas, dan bisa diperbaharui secara terus menerus serta tak terbatas. Energi baru terbarukan bisa diciptakan dengan memanfaatkan perkembangan kecanggihan teknologi yang semakin canggih, sehingga bisa menjadi sumber energi yang lain atau alternatif. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas contoh dari energi baru terbarukan. Yuk simak penjelasannya.

Contoh Energi Baru Terbarukan dan Manfaat Yang Ada di Dalamnya

  1. Energi Air

Air yakni contoh cari energi terbarukan yang banyak dimanfaatkan untuk menggantikan energi fosil. Air mempunyai sifat yang bisa bergerak terus menerus. Gerakan air ini yang menjadi cikal bakal atau gerakan yang dapat menghasilkan energi alami dengan jumlah besar. Energi ini juga dapat diproduksi terus menerus selama 24 jam pada setiap harinya. Manfaat dari energi air yang pada saat ini dilakukan yakni dengan mengadakan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA dengan kapasitas besar.

  1. Energi Panas Bumi

Sumber energi baru terbarukan panas bumi merupakan energi yang berasal dari dalam inti bumi dengan kekuatan atau tenaga yang sangat kuat dan jumlahnya sangat melimpah. Pada umumnya, pembangkit listrik tenaga panas bumi mempunyai sumur dengan kedalaman sekitar kedalaman 1,5 km atau lebih guna mencapai cadangan panas bumi. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai sumber energi bersih yang berkualitas baik ramah lingkungan.

  1. Biomassa

Biomassa yakni contoh energi beru terbarukan yang berasal dari organisme seperti hewan, tumbuhan, hingga manusia. Contoh dari energi biomassa ini yaitu rumput, pepohonan, limbah hutan, limbah pertanian, kotoran ternak, dan tinja. Energi alternatif biomassa ini biasa digunakan atau dimanfaatkan untuk bahan bakar.

Itulah manfaat dari contoh energi baru terbarukan. Pada saat ini di Indonesia terdapat badan yang membantu kita semua dalam mengelola sumber energi yang ada di bumi ini. PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) selalu membantu dalam menyediakan energi yakni energi listrik yang andal, memiliki mutu tinggi, dan juga ramah lingkungan. Informasi lebih lanjut silahkan cek https://www.ptpjb.com/. Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua.