Mengenal Lebih Jauh Tentang Manhole Tutup Besi Saluran Air

Apa Anda tahu mengenai manhole cover? manhole cover yaitu suatu komponen sanitasi yang mempunyai peran penting. Komponen manhole drainase ini atau sejenis seperti grating tutup saluran air diproduksi dari bahan metal casting atau biasa disebut dengan Cast Iron. Manhole cover saluran air mempunyai fungsi yang besar sebagai penutup lubang pada saluran air. Manhole cover juga biasa disebut dengan nama tutup bak control.

Satu buah manhole cover biasanya tersusun menjadi 2 bagian yaitu bagian cover dan frame. Manhole cover saluran air yang dibuat ada yang dipasangi engsel pada tutupnya dan juga yang tidak dipasangi engsel. Engsel pada manhole cover berfungsi untuk menyambungkan antara frame dan cover yang ada agar terhubung dan dapat dibuka tutup. Selain itu, dengan memakai engsel cover dan frame tidak akan mudah dicuri orang.

grill manhole cover cor berkualitas

Manhole cover mempunyai beraneka jenis dimensi dan biasanya diproduksi berdasarkan permintaan pembeli. Ukuran dimensi yang dimiliki sering kali disesuaikan dengan kebutuhan. Lubang dengan ukuran yang besar pada saluran got maka semakin besar pula ukuran tutup manhole cover yang dibutuhkan. Begitu pula sebaliknya, Lubang yang lebih kecil pada drainase maka ukuran manhole besi yang lebih kecil.

Tidak hanya ukurannya yang beragam, manhole cover juga mempunyai bentuk yang beragam. Namun, sejauh ini manhole cover yang beredar di pasaran mempunyai dua tipe bentuk yaitu manhole cover bulat dan manhole cover kotak.

Untuk manhole saluran air bulat sendiri memiliki beberapa desain lagi. Manhole cover besi bulat seutuhnya dan bulat dengan frame. Dan ada juga manhole cover besi bulat dengan frame kotak namun tutup yang dimilikinya mempunyai bentuk bulat. Sedangkan untuk manhole cover besi kotak hanya memiliki satu macam variasi saja yakni tutup dam frame sama-sama berbentuk kotak.

Sekarang ini telah banyak tempat yang menyajikan bermacam desain manhole cover. Karena manhole cover biasanya dibuat berdasarkan custom, jadi Anda bisa mengajukan permintaan desain manhole cover yang dibutuhkan. Selain melakukan permintaan untuk bentuk manhole covernya, Anda juga bisa request desain dan ukuran manhole cover.

Apabila manhole cover dipakai untuk keperluan pribadi, Anda dapat mencantumkan tulisan dan gambar nama pada manhole tersebut. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat melakukan permintaan hiasan yang Anda perlukan misalnya saja motif pohon, hewan, tulisan dan lainnya.