resep bistik daging kerbau

Resep Bistik Daging Kerbau

Tidak banyak yang tahu olahan daging kerbau, yang banyak orang tahu adalah olahan daging sapi, kambing, ataupun ayam karena memang tiga daging itu merupakan yang terfavorit untuk olahan daging. Nah pada artikel ini akan membahas tentang resep bistik daging kerbau yang enak dan praktis,

Daging Kerbau

daging kerbau

Daging kerbau merupakan sumber protein yang tinggi dan mampu mengalahkan kandungan protein pada daging sapi. Selain kaya akan kandungan protein, daging ini mengandung vitamin B1 dan asam lemak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dari kandungan nutrisi yang dimiliki daging kerbau maka tak heran bila dagingnya dapat dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Daging Kerbau

manfaat daging kerbau

1. Meningkatkan Masa Otot

Daging kerbau merupakan sumber protein tinggi mengalahkan kandungan protein dari daging sapi. Daging kerbau merupakan alternatif baik untuk dikonsumsi bagi para atlet yang ingin mendapatkan tubuh yang ideal dan juga berotot.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat makan daging kerbau di antaranya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya  akan kandungan zink. Maka dari itu bila rutin mengonsumsi daging kerbau maka sistem kekebalan tubuh kita akan kuat dan rentan terserang penyakit.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan Omega 3 dalam daging kerbau sangat baik untuk meningkatkan High Density Lipoprotein (lemak sehat) dan mengurangi Low Density Lipoprotein (lemak jahat). Sehingga, para obesitas tak usah khawatir mengonsumsi daging yang satu ini karena kandungan Omega-3 mampu turunkan kadar kolesterol.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Selain menurunkan kolesterol jahat kandungan Omega-3 yang dimiliki daging kerbau juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah agar tetap stabil dan normal.

5. Mencegah Kanker Payudara

Asam linoleat pada daging kerbau merupakan zat aktif untuk melawan sel kanker seperti kanker payudara. Selain itu omega-3 dalam daging kerbau juga mampu mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh.

6. Mencukupi Nutrisi Ibu Hamil

Memakan daging kerbau merupakan nutrisi yang baik di saat kehamilan (ibu dan janin). Kandungan vitamin B12 sangat bagus untuk pertumbuhan otak janin dan kesehatan ibu yang sedang mengandung.

7. Mengatasi Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan kanker yang berkembang biak dalam sistem reproduksi. Kanker prostat dapat terjadi ketika sel kanker tumbuh tidak terkendali dan akhirnya menyebar dari prostat ke bagian tubuh lainnya. Solusi terbaik untuk mengobati dan mencegah kanker prostat yaitu dengan rutin mengonsumsi daging kerbau.

8. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Kecerdasan akan meningkat jika tubuh mendapat asupan Omega-3 yang cukup. Kesehatan otak berpengaruh terhadap pertumbuhan membran sel yang baik. Maka dari itu, mengonsumsi rutin daging kerbau mampu meningkatkan daya ingat kita.

9. Mengatasi Masalah Kulit

Protein dalam daging kerbau berfungsi menyembuhkan luka dengan cepat. Selain itu, daging kerbau mampu meregenerasi kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi daging yang satu ini karena mampu menjaga kesehatan dan mampu melawan berbagai macam penyakit.

10. Mencegah Penyakit Stroke

Dengan mengonsumsi daging kerbau yang kaya Omega-3 dapat mencegah dan mengurangi risiko pembekuan darah. Maka dari itu, orang yang mengonsumsi daging kerbau akan terhindar dari penyakit stroke.

Perbedaan Daging Kerbau Dengan Daging Sapi

daging

1. Warna Daging

Daging sapi memiliki warna merah pucat, sedangkan daging kerbau memiliki warna merah pekat yang cenderung agak gelap

2. Serat Daging

Daging Sapi memiliki serat yang lebih halus, sedangkan daging kerbau memiliki serat yang kasar dan terlihat jelas

3. Tekstur

Tekstur daging kerbau lebih liat dibandingkan dengan tekstur daging sapi yang lebih empuk.

Resep Bistik Daging Kerbau

Bahan-bahan :

  • 1,5 kg daging kerbau
  • 1 butir telur
  • 3 sdm blue band
  • secukupnya Kecap
  • secukupnya Air

Bumbu Halus :

  • 1/2 sdm merica bubuk
  • 5 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 lembar salam
  • 2 potong lengkuas
  • 2 buah tomat (iris)

Langkah-langkah :

  1. Cuci daging kerbau lalu iris” sesuai selera

  2. Haluskan bumbu halus

  3. Siapkan panci presto ulet daging, bumbu halus, telur, blue band, kecap, salam, lengkuas sampai merata

  4. Tambahkan irisan tomat diatas daging

  5. Tambahkan air sedikit

  6. Presto kurleb 20 menit hingga daging empuk

  7. Test rasa

  8. Hidangkan selagi hangat

    Selain dijadikan resep bistik daging kerbau, masih banyak lagi bumbu bistik daging giling yang lain. Daging giling bisa didapatkan dengan membelinya ditoko atau membuatnya dirumah dengan choper dan mesin daging giling bakso.

    Selamat mencoba.