Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan

Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan Yang Enak Dan Pedas

Resep sambal ayam goreng kalasan memang sangatlah mudah dibuat sendiri dirumah, kalian bisa membuatnya sendiri dirumah untuk dijadikan cocolan atau sebagai pelangkap makanan.

Manfaat Sambal

Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan

1. Gula Darah Lebih Stabil

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi sambal bisa memberikan manfaat yang sangat positif bagi orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes. Ini karena cabai, yang digunakan sebagai bahan dasar saus sambal, dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan secara signifikan. Dengan kadar insulin yang lebih tinggi, gula darah tubuh juga semakin stabil dalam kisaran normal.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bumbu makanan dengan sambal yang terbuat dengan cabai segar dapat mengurangi kemungkinan gangguan kognitif seperti demensia dan Alzheimer seiring bertambahnya usia. Ini karena mengonsumsi sambal secara teratur meningkatkan kinerja kognitif.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah, yang merupakan gejala kelemahan dan pucat pada wajah, paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untungnya, cabai yang menjadi bahan utama sambal memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk mencegah kondisi ini. Selain itu, cabai juga kaya akan folat yang mendukung produksi sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia. Kandungan folat pada cabai juga dapat mengurangi risiko cacat lahir.

4. Penurunan Tekanan Darah

Cabai dalam cabai mengandung kalium, yang bila dikombinasikan dengan jumlah folat yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, mereka juga merupakan sumber riboflavin dan niacin yang bagus. Niacin meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Pereda Nyeri

Capsaicin pada cabai dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat osteoartritis dan neuropati diabetik. Zat ini bekerja dengan menurunkan reseptor sensorik dan memiliki efek antiinflamasi.

6. Mengatasi Hidung Tersumbat

Capsaicin tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga bisa meredakan gejala hidung tersumbat. Ini karena mereka menciptakan sensasi hangat yang bisa merangsang keluarnya lendir dari hidung tersumbat. Capsaicin juga memiliki sifat antibakteri yang melawan infeksi sinus kronis karena bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di rongga hidung.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Cabai rawit sering digunakan sebagai pengawet karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Capsaicin, bahan utama pada cabai, dapat membunuh bakteri seperti H. pylori dan mengobati penyakit radang usus.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan

Warna merah cerah cabai menandakan kandungan provitamin A atau beta karoten yang tinggi. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah, Anda dapat mencapai sekitar 6% dari AKG untuk vitamin C. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan, usus, dan saluran kemih. Vitamin A juga terkenal sebagai vitamin anti infeksi dan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi.

9. Menjaga Fungsi Mata

Makan sekitar satu sendok makan cabai setiap hari membantu menjaga fungsi mata yang optimal dan mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Mencegah Kanker

The American Association for Cancer Research menyatakan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk membunuh leukemia dan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, seharusnya dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

Manfaat Makan Pedas

Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan

1. Menurunkan berat badan

Mengonsumsi makanan pedas bisa jadi salah satu cara Anda untuk bisa menurunkan berat badan dan meraih bentuk badan impian. Salah satu manfaat makanan pedas adalah meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

2. Memperpanjang hidup

Sesaat manfaat makanan pedas ini terdengar seperti hoaks, padahal sudah ada penelitian yang membuktikannya. Sebuah riset menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi makanan pedas berkebalikan dengan beberapa penyebab spesifik dari kematian.

3. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ vital yang perlu dijaga. Anda bisa menikmati cita rasa panas dari makanan pedas beserta manfaatnya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi salah satu faktor risiko mengalami penyakit jantung.Selain itu, senyawa capsaicin juga dapat mencegah obesitas yang juga adalah salah satu faktor risiko dari penyakit jantung dengan membantu menurunkan berat badan.

4. Mengurangi peradangan

Meskipun makanan pedas identik dengan cabe, tetapi sebenarnya makanan pedas juga bisa dikarenakan kunyit, bawang putih, dan jahe. Ketiga bumbu dapur ini mampu mengurangi peradangan dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit kronis.

5. Membunuh bakteri

Senyawa dalam kunyit yang menjadi salah satu bumbu dapur dalam olahan makanan pedas memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang kuat serta dapat dimanfaatkan untuk membunuh bakteri.

6. Mengurangi rasa sakit

Siapa sangka, ternyata rasa sakit saat mengonsumsi makanan pedas dapat menaikkan ketahanan terhadap rasa nyeri.Rasa panas dan sakit yang disebabkan oleh capsaicin dalam cabe dapat digunakan dalam bentuk lotion atau krim yang dipercaya mampu mengatasi rasa nyeri akibat cedera ataupun radang sendi.

7. Melindungi organ pencernaan

Manfaat makanan pedas dalam melindungi organ pencernaan masih cukup kontroversial. Namun, makanan pedas diyakini dapat melindungi dinding lambung dari gangguan di lambung akibat infeksi H.pylori.Selain itu, senyawa capsaicin dalam cabe memicu produksi anandamide dalam usus yang mampu mengurangi peradangan di pencernaan.

8. Berpotensi menyembuhkan kanker

Senyawa capsaicin dalam cabai tidak hanya bisa menurunkan berat badan dan membakar lemak, tetapi juga dapat berpotensi memperlambat dan menghancurkan perkembangan sel kanker.

Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan

Bahan – bahan:

  • 20 buah cabe merah keriting
  • 10 buah cabe merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 buah tomat ukuran sedang
  • 100 gram gula jawa
  • 50 gram gula pasir
  • 25 gram terasi
  • 1.5 sdt garam halus
  • 6 sdm minyak goreng
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 buah jeruk limau, diperas, ambil airnya

Cara Buat Resep Sambal Ayam Goreng Kalasan:

  1. Campur semua bumbu kecuali garam, minyak goreng, daun jeruk dan air jeruk nipis.
  2. Panaskan minyak goreng dalam panci dengan api sedang, tambahkan bumbu halus, daun jeruk dan garam lalu goreng dengan api kecil hingga harum. Aduk rata sampai berwarna merah tua dan minyak keluar.
  3. Matikan pemanas, tuangkan air jeruk nipis dan aduk hingga merata.
  4. Sambal siap disajikan dengan ayam Kalasan

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih