Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram

Sekarang ini keseruanya membeli online dengan sebutan lain online shopping, dikarenakan mudah, banyak produknya, banyak komentar dan harga juga bersaing. Belanja online sanggup kami melakukan lewat website ataupun social media, seperti Instagram. Di Indonesia social tempat yang dibikin oleh Kevin Systrom ini, menjadi tidak benar satu yang tenar untuk berjualan.

Salah satu alasan yang sebabkan Instagram laris di Indonesia, dikarenakan transaksi di online amat mudah. Disatu segi banyak orang sanggup dengan gampang foto produk, memasukan produk ke Instagram, menulis deskripsi dan penjelasan produk dan juga beriklan.

Di segi costumer membeli online di Instagram sangatlah mudah, ikuti format untuk sms atau hubungi costumer dengan sms, bbm, line atau whatsapp. Tentu saja membeli online punya risiko, seperti penipuan barang tidak dikirim, barang tidak sesuai dengan pesanan dan lain sebagainya. Berikut ini 5 tips yang sanggup Anda mencermati pas membeli online.

 

#1. Baca Testimoni Pembeli, Cek Asli atau Palsu
Dahulu orang beranggapan account Instagram yang punya banyak follower pasti saja bonafit. Ternyata jumlah follower bukanlah pertimbangan utama, pas membeli barang. Anda perlu membaca testimony berasal dari para pembeli. Belilah produk atau fasilitas di Instagram, yang punya komentar positif berasal dari pembelinya. Lihat tersebut ini tidak benar satu account instagram dengan komentar positif dengan katalog promo terbaru.

 

#2. Endorser Penting, namun Bukan Tidak Mutlak Benar
Terkadang ada sebagian account yang di-endorsed oleh artis atau celebgram terkenal. Sebenarnya tidak seluruh barang yang di-endorsed dijamin 100% pasti memiliki kualitas bagus. Satu perihal yang sanggup Anda perhitungkan adalah, artis dan celebgram yang meng-endorse produk mestinya mereka sudah memandang barangnya dan tidak asal-asalan.

 

#3. Cek Gambar Produk dan Penjelasan Spesifikasi dengan Teliti
Sebelum membeli pastikan Anda mengecek ulang spesifikasi produk dengan detail dan teliti. Biasanya gambar sanggup menjadi menipu atau tidak sesuai dengan ekspetasi. Selain itu ada juga kasus penjaja tidak benar mengirimkan pesanan (sengaja atau tidak). Oleh dikarenakan itu pastikan Anda menyimpan capture pemesanan Anda (chat whatsapp, sms, bbm atau line) supaya Anda punya bukti pesanan.

 

#4. Bandingkan Harga dan Dapatkan Harga Terbaik
Salah satu costumer yang smart adalah costumer yang sanggup berhemat atau memperoleh penawaran terbaik. Jarang sekali ada toko online di Instagram yang mengimbuhkan kesempatan atau ruang untuk tawar menawar. Oleh dikarenakan itu tidak ada salahnya Anda coba untuk memperbandingkan harga.

 

#5. Pilih Cara Pembayaran yang Paling Mudah dan Aman
Ada sebagian cara di dalam pembayaran, pas kami membeli online di Instagram, contoh memanfaatkan jasa rekening bersama, transfer dan COD (cash on delivery). Jarang ada toko online di Instagram yang tawarkan pembayaran dengan cicilan atau pembayaran dengan kartu kredit. Sebisa mungkin memanfaatkan jasa COD, untuk meminimalkan risiko.

 

#6. Kalau Ada yang Punya Toko Fisik, Lebih Meyakinkan
Beberapa toko online punya toko fisik di mall atau wilayah tertentu. Tentu saja dapat lebih meyakinkan jika, Anda membeli online di toko yang juga punya toko fisik atau sering mengadakan pameran di mall. Selain toko fisik, sebenarnya website resmi adalah tidak benar satu wujud yang lebih meyakinkan.

 

#7. Penjelasan Mengenai Akun
Anda sanggup mencermati toko online yang sudi mengimbuhkan informasi lengkap mengenai alamat toko, alamat website, nomor telpon dan informasi teristimewa lainnya. Jika toko online tersebut mengimbuhkan informasi lengkap, artinya pemilik toko tersebut terbuka dan tidak bermaksud curang.

 

Ga Perlu Takut Berbelanja Online (Jika Sudah Tahu Tricknya)

Belanja online seharunya tidak perlu ditakuti, asalkan Anda senantiasa waspada dan hati-hati. Sebagai perencana keuangan, kami memberi saran supaya Anda senantiasa mengawasi anggaran atau budget belanja. Anda sanggup memanfaatkan aplikasi Finansialku untuk mempermudah Anda mengawasi anggaran dan mengelola keuangan. Silahkan coba gratis di sini. Hal ini bertujuan supaya Anda tidak terlena dengan kemudahan dan keseruan membeli online. Selamat berbelanja online dan jadilah costumer yang pandai.