Tips Memilih Cincin Tunangan dan Budget yang Perlu Dipersiapkan

Tips Memilih Cincin Tunangan dan Budget yang Perlu Dipersiapkan

Tips Memilih Cincin Tunangan dan Budget yang Perlu Dipersiapkan

Umumnya cincin tunangan akan disematkan pada acara tunangan atau pada acara lamaran. Dengan disematkannya cincin tersebut, pada mempelai pria atau wanita, maka pasangan tersebut sudah berkomitmen untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih lanjut, yaitu pernikahan. Sama seperti koleksi dan harga kalung berlian Frank and Co yang ditawarkan. Koleksi dan harga cincin tunangan juga cukup beragam.  

Siapkan anggaran dengan baik

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika memilih cincin tunangan adalah mempersiapkan budget untuk membeli cincin tunangan dengan baik. Itu sebabnya, Anda perlu mencari tahu aneka koleksi harga cincin tunangan yang ada di pasaran.

Teknik mencarinya tidak terlalu sulit, sama seperti ketika Anda mencari tahu tentang harga kalung berlian Frank and Co, yang akan tertera dengan jelas. Demikian pula ketika Anda mencari kisaran harga cincin tunangan tersebut. Apapun kisaran harga cincin tunangan yang ada di pasaran ini mulai dari harga sekitar 900 ribuan rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Dari informasi tentang rentan harga yang ada, dari minimal hingga maksimal. Sedikit banyak Anda dapat menyimpulkan, berapa budget yang akan dikeluarkan untuk membeli cincin tunangan tersebut.  

Cek ukuran jari Anda dan pasangan

Hal berikutnya yang perlu Anda cek adalah, ukuran jadi tangan Anda dan juga pasangan. Ini termasuk poin penting, dan ada sebaiknya tidak menebak-nebak, ukuran tersebut. Jangan sampai cincin yang dibeli kelak, ukurannya terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.

Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh ukuran jari yang tepat, yaitu menggunakan meteran, untuk mengukur jari manis tersebut. Yang kedua menggunakan cincin lain yang digunakan oleh pasangan. Sedangkan yang ketiga adalah bersama pasangan mengunjungi toko cincin, dan memilih berdasarkan ukuran dan desain yang sesuai.

Memilih material cincin tunangan

Saat ini bahan material untuk membuat cincin tunangan atau bahkan cincin kawin cenderung lebih beragam. Jika awalnya hanya menggunakan bahan emas saja. Maka kini Anda dapat memilih menggunakan bahan emas putih, perak, platinum atau bahan lainnya.

Dalam memilih bahan atau material tersebut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu aneka materi dari cincin pertunangan yang umumnya dibuat. Kemudian diskusikan dengan pasangan. Akan lebih baik, jika memilih bahan yang aman, dan tidak membuat iritasi, terutama jika salah satu pasangan, mengidap reaksi alergi terhadap logam mulia tertentu.

Memilih mata cincin

Umumnya batu pertama yang digunakan untuk membuat sebuah cincin tunangan atau juga cincin kawin adalah berlian. Walau tidak menutup kemungkinan batuan lain, juga dapat digunakan pada cincin pertunangan dan cincin nikah tersebut.

Kembali lagi, pilih batuan permata tersebut secara tepat, dan diskusikan hal tersebut dengan pasangan, agar kedua belah pihak sama-sama setuju, dan nyaman menggunakan cincin tersebut kelak.  

Posisi dan bentuk mata cincin

Dalam memilih sebuah cincin tunangan, ada baiknya jika disesuaikan dengan karakter dari si pengguna tersebut. Anda termasuk orang yang aktif, sebaiknya pilih cincin, dengan mata yang sejajar dengan cincin, atau bahkan lebih rendah. Hal tersebut dilakukan agar cincin dan batuan permata yang digunakan, tidak mudah tergores.

Lain halnya untuk Anda yang terbilang kalem, dan tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Maka pilih cincin tunangan dengan mata yang terlihat menonjol, dan lebih tinggi dari cincin itu sendiri.    

Adapun harga harga kalung berlian Frank and Co dan harga cincin tunangan dengan mata berlian tentunya berbeda, umumnya harga cincin tunangan sedikit lebih murah dibanding harga kalung berlian. Tapi ada juga harga cincin tunangan dengan mata berlian yang harganya cukup mahal. Mengingat koleksi cincin berlian yang digunakan langka, dengan jumlah yang cukup banyak.