tips mencuci sofa

Tips Mencuci Sofa Sendiri di Rumah

Ingin mencoba mencuci sofa di rumah? Sebaiknya Anda perhatikan tips mencuci sofa yang akan dijelaskan di sini terlebih dahulu.

Sofa di rumah kotor? Ini saatnya Anda mengetahui tips mencuci sofa yang mudah dan pastinya efektif untuk membersihkan noda dan debu.

Sofa yang bersih tentu akan lebih nyaman untuk ditempati. Selain itu, menjaga kebersihan sofa juga wajib dilakukan supaya tidak menjadi sarang debu dan bakteri.

kunjungi juga: cuci sofa yogyakarta

Tips Mencuci Sofa di Rumah

Yuk, langsung saja simak penjelasan tentang langkah-langkah mencuci sofa di bawah ini.

1. Kenali Bahan Sofa

Setiap sofa dibuat dengan bahan yang berbeda. Cara membersihkannya juga berlainan, lebih detailnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Kulit asli: dibersihkan dengan pembersih khusus.
  • Kulit sintesis: dilap menggunakan lap setengah kering
  • Polyester, woll, dan sutra: dry cleaning
  • Nilon: dicuci dengan sabun

2. Pakai Deterjen Cair

Kalau memang sofa di rumah Anda aman untuk dicuci, pakailah deterjen cair. Jenis deterjen ini lebih mudah larut dengan air dan efektif untuk mengangkat noda tumpaham minuman, makanan, keringat, dan sebagainya.

Akan lebih efektif jika Anda melarutkan deterjen ini menggunakan air hangat. Tips mencuci sofa yang perlu dipahami adalah pakai sikat gigi yang lembut.

kunjungi juga: cuci springbed yogyakarta

3. Pakai Air Sabun atau Pasta Gigi

Untuk membersihkan noda-noda kecil di permukaan sofa, Anda juga bisa menggunakan air sabun atau pasta gigi. Namun jangan langsung menyemprotkannya ke permukaan sofa.

Gunakan sikat lembut untuk mengaplikasikan air sabun atau pasta gigi ke sofa. Gosok perlahan sampai noda terangkat. Setelah itu bersihkan menggunakan lap bersih.

4. Jangan Pakai Bahan Pemutih

Hindari menggunakan bahan-bahan pemutih. Kandungan klorin pada pemutih pakaian bisa membuat sofa mudah kusam.

5. Gunakan Vacuum Cleaner

Kalau sudah dicuci, Anda bisa menyedot air dan kotoran di sofa menggunakan vacuum cleaner. Tapi sebelum itu, pastikan bahwa vacuum cleaner yang dipakai memang aman untuk menyedot cairan.

6. Pakai Hair Dryer

Cara mencuci sofa sendiri berikutnya adalah tahap pengeringan. Untuk mempermudah proses pengeringannya, gunakan hair dryer. Usahakan jangan gunakan suhu terlalu tinggi untuk mencegah kerusakan sofa.

7. Jangan Jemur di Bawah Matahari

Hindari menjemur sofa di bawah matahari langsung. Menjemur sofa di bawah matahari akan membuat warnanya cepat pudar. Sebaiknya angin-anginkan saja hingga sofa kering.

Tips mencuci sofa di atas bisa Anda praktikkan di rumah. Kalau tidak ingin repot, Anda juga bisa memanggil jasa cuci sofa ke rumah.