web maintenance artinya

Web Maintenance Artinya “Berikut Arti Web Maintenance”

Pada tahap membuat website dari awal sampai akhir dan sampai selesai, selanjutnya akan ada tahapan web maintenance tersebut. Dan apa itu web maintenance? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang web maintenance artinya. Di simak baik- baik ya.

Apa itu Web Maintenance?

web maintenance artinya

Web Maintenance artinya adalah aktivitas yang dirancang untuk menjaga agar situs web tetap berjalan dengan lancar. Ini bisa dilakukan secara teratur, atau dijadwalkan jika diperlukan. Dalam beberapa kasus, akses ke situs web mungkin dibatasi untuk sementara saat pemeliharaan sedang berlangsung, sehingga pemberitahuan dapat dikirim ke pengguna sebelumnya untuk memberi tahu mereka bahwa situs tersebut tidak lagi tersedia. waktu pada hari tertentu.

Salah satu alasan untuk mempertahankan maintenance adalah memperbarui situs web. Ini penting untuk menjaga informasi tetap mutakhir dan untuk memastikan sistem yang digunakan untuk menjalankan situs juga terkini. Memiliki program terbaru di backend akan membuat website lebih aman, selain itu juga memungkinkan dia untuk mencari perubahan. Ini juga akan meningkatkan pengalaman pengguna di situs, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang ingin membuat dan memelihara basis pengguna yang besar.

maintenance juga dilakukan bila ada ancaman keamanan. Ini dapat dilakukan untuk menutup lubang keamanan, untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh peretas, atau untuk berbagai alasan keamanan lainnya. Dalam kasus ini, Anda perlu membuat situs offline sehingga masalah dapat diselidiki sepenuhnya tanpa mengkhawatirkan gangguan. Program keamanan tertentu dapat meluncurkan mode pemeliharaan secara otomatis jika menurut mereka situs telah disusupi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan untuk melindungi pengguna dari kejadian jahat.

Pemeliharaan situs web secara teratur sangat penting untuk berfungsinya situs. Banyak sistem manajemen konten menyertakan fungsi perawatan yang mudah, seperti pembaruan otomatis yang mengunduh dan menginstal pemutakhiran saat diklik.

Baca Juga : Tempat PKL di Jogja

Alasan Utama maintenance Situs Web

Sudahkah Anda melakukan pemeliharaan situs web? Ada banyak faktor mengapa kita perlu memelihara sebuah website. Ini adalah alasan utama pemeliharaan situs web:

Pemeliharaan Kebutuhan Hosting

Akibat aktivitas pengunjung di website Anda, dapat menyebabkan hosting memiliki penggunaan CPU yang tinggi, tanpa disadari, halaman website dimuat dengan lambat, atau lebih buruk lagi, hosting Anda harus dikeluarkan secara sepihak oleh penyedia hosting karena melanggar TOS. Periksa kondisi hosting Anda setidaknya sekali dalam 3 hari, untuk memastikan penggunaan CPU yang aman.

Pencadangan Data Situs Web Secara Berkala

Sistem file atau data pada hosting harus di-backup secara berkala untuk mengantisipasi jika suatu saat terjadi peristiwa besar. Misalnya, serangan virus atau peretas menembus sistem keamanan sistem web dan menyebabkan semua data hilang.

Serangan Virus dan Peretas di situs web

web maintenance artinya

Pemilik situs web perlu mengontrol keberadaan virus dan ancaman dari peretas di sistem server mereka dan memperbaikinya sesegera mungkin. Jangan biarkan keberadaan virus atau penyusup dalam jangka waktu yang lama melumpuhkan sistem situs Anda atau bahkan mencuri data perusahaan Anda tanpa disadari.

Pengunjung Web Ingin Informasi Yang Up-to -Date

Informasi yang up to date sangatlah penting, karena traffic akan meningkat jika konten website kita sudah pasti baru. Jika Anda memiliki website untuk toko online, bisa jadi jika konten web Anda harus baru, pengunjung atau calon pembeli akan tertarik dan membeli produk yang Anda tawarkan.

Persaingan di Mesin Pencari

web maintenance artinya

Karena sekarang banyak website baru saya yang lahir di Internet, maka mesin pencari seperti Google yang paling populer perlu merampingkan hasil pencarian agar website berkualitas akan muncul di halaman pertama Google. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik website perlu melakukan Search Engine Optimization. Karena traffic Anda naik atau turun tergantung pada SEO web Anda. Ada banyak teknik SEO yang bisa dilakukan untuk meningkatkan trafik website, salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan media sosial untuk promosi website.

Baca Juga : Tempat PKL di Jogja

Ini berarti pemeliharaan situs web dan beberapa alasan mengapa kita perlu memelihara situs web. Sekarang Anda perlu tahu mengapa pemeliharaan situs web diperlukan jika Anda ingin lalu lintas situs web saya meningkat dan situs web Anda terlindungi dari serangan virus, peretas, dan lainnya. Terima kasih