Yuk Ketahui, Berbagai Manfaat Air Putih Bagi Tubuh !

Tahukah kalian apa saja manfaat air putih bagi tubuh? Kita perlu mengetahui manfaatnya lho,! Penasaran bukan? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini !

Konsumsi air putih masih dianggap kurang penting oleh sebagian orang, padahal tubuh setidaknya membutuhkan asupan cairan agar dapat bekerja lebih maksimal.

Rajin konsumsi air putih juga merupakan gaya hidup sehat. Saat melakukan aktivitas sehari-hari, manusia akan melibatkan beberapa organ penting.

Dari jantung, ginjal, persendian, paru-paru, hingga air liur dan lendir sangat bergantung pada air. Dilaporkan dari The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) oleh Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, M.S. menemukan bahwa setidaknya 46,1% dari 1.200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi tahap ringan.

Dehidrasi ini terjadi karena rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat tentang pentingnya fungsi air bagi tubuh. Tentunya manfaat air untuk tubuh atau kesehatan organ tubuh manusia perlu dipelajari agar tidak ada kendala saat beraktivitas.

Dehidrasi ringan sendiri ditandai dengan tenggorokan atau bibir kering, badan lemas, dan suhu tubuh meningkat. Kurang minum juga dapat menurunkan tingkat konsentrasi dalam aktivitas sehari-hari.

Sebanyak 50% – 60% tubuh manusia dewasa terdiri dari air sesuai dengan berat tubuhnya. Jadi, kebutuhan akan air yang baik dan sehat sangat dibutuhkan baik untuk tubuh maupun untuk kesehatan organ tubuh manusia.

Berbagai Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Yang Harus Kamu Tahu!

Apa manfaat air putih bagi tubuh ? Organ manusia mana yang membutuhkan air untuk bekerja secara optimal? Hidup sehat seperti apa yang bisa didapat dari air minum?

1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Tubuh manusia yang tetap terhidrasi akan memiliki kontur kulit yang bagus. Proses pembaruan sel juga dapat dibangun ketika regenerasi sel berlangsung baik saat tidur atau saat istirahat.

Kulit tidak akan kering, rentan atau terkena gangguan kulit jika Anda meminumnya secara teratur dan secukupnya. Kerutan yang Anda alami di beberapa bagian kulit juga bisa menjadi indikasi kurang minum air putih.

Baca Juga :

2. Pertahankan Suhu Tubuh Optimal

Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menurunkan kekuatan fungsi tubuh dan otak. Saat aktivitas cukup sering, tubuh akan bereaksi dari keringat yang kemudian memanas.

Kemudian selama proses setelah berkeringat tubuh bereaksi dengan mendinginkan suhu tubuh melalui penguapan. Untuk menjaga suhu tubuh yang optimal, Anda harus memenuhi jumlah air minum yang cukup.

Jumlah air yang cukup akan merespon dengan baik ketika tubuh ingin melakukan aktivitas ekstra dan proses setelahnya.

Tentu saja, air minum merupakan elemen penting agar Anda tidak mengalami berbagai kontraksi atau ketegangan fisik dalam beberapa aktivitas sehari-hari.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Ekskresi adalah kegiatan tubuh dalam mengeluarkan zat atau cairan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya bisa dari keringat atau melalui saluran pembuangan seperti air seni.

Tubuh manusia yang kekurangan cairan akan memiliki beberapa kriteria baik dalam sistem pencernaannya seperti warna urin kuning, sulit buang air kecil, hingga merasa nyeri di beberapa titik.

Jika Anda kurang minum air putih, maka akan timbul berbagai kuman seperti sembelit, asam lambung, dan risiko penyakit maag. Padahal, penyakitnya bisa lebih fatal, seperti batu ginjal hingga penyumbatan kandung kemih.

Sebaiknya minum air putih secara rutin sebanyak 1500 hingga 2500 ml per hari atau sekitar 230 ml untuk 8 gelas agar tubuh tetap sehat.

4. Jaga Tekanan Darah Stabil | Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Kekurangan darah atau penyakit cuci darah biasanya kental dengan pola hidup yang tidak sehat. Air penting agar darah tetap terjaga pada tekanan yang stabil dan mendukung pergerakan tubuh manusia secara optimal.

Darah juga akan mengalir lebih cepat ketika ginjal yang menyaring zat-zat berbahaya bagi tubuh dapat bekerja lebih baik karena asupan air yang cukup.

5. Menjaga Asupan Oksigen dalam Tubuh

Darah juga merupakan media pengantar dalam melancarkan kinerja atau gerakan ke seluruh organ tubuh. Oksigen yang terkandung dalam air dan saluran pernapasan dikirim melalui darah, yang 90% adalah air.

Semua oksigen dalam darah diedarkan ke seluruh bagian tubuh dan membuat tubuh manusia sehat sehingga dapat bergerak tanpa hambatan.

6. Ganti cairan yang keluar dari tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa air membentuk sekitar 70% dari tubuh manusia. Hampir semua air dalam tubuh memiliki fungsi untuk membuat tubuh bekerja.

Untuk menjaga keseimbangan jumlah air dalam tubuh diperlukan berbagai upaya. Ingat tubuh Anda memiliki berbagai cara untuk mengeluarkan air dari tubuh.

Mulai dari keluar melalui keringat, melalui buang air kecil, atau bahkan bernapas.

Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur dengan takaran yang dianjurkan, maka Anda dapat mengganti cairan yang telah keluar dari tubuh, dan pada akhirnya membuat tubuh bekerja lebih maksimal.

7. Membantu meningkatkan sirkulasi darah

Lebih dari setengah sel darah dalam tubuh manusia terdiri dari zat yang disebut plasma.

Zat ini memiliki fungsi membawa sel darah ke seluruh tubuh Anda dengan berbagai fungsi, mulai dari menjaga kesehatan tekanan darah dan juga menjaga suhu tubuh.

Plasma sendiri merupakan zat yang terdiri dari 90% air, sehingga diperlukan asupan air yang cukup bagi plasma untuk berfungsi dengan baik.

Tanpa asupan air yang cukup, darah Anda akan menjadi lebih kental dan lebih pekat. Ini akan berbahaya bagi kesehatan karena jantung Anda harus bekerja sedikit lebih keras untuk memompanya ke seluruh bagian tubuh.

8. Mencegah penurunan tingkat konsentrasi dan fokus

Seperti organ tubuh lainnya, otak juga membutuhkan air. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan sel-sel otak sedikit menyusut.

Hal ini dapat menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk fokus pada satu hal.

Dengan mengonsumsi air yang cukup, tingkat konsentrasi dan fokus Anda juga akan terjaga dengan baik.

9. Melindungi tubuh dari penyakit | Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Hidrasi yang buruk dapat menjadi faktor terjadinya berbagai gangguan kesehatan pada organ tubuh seperti jantung, paru-paru, ginjal, dan kandung kemih.

Sebaliknya, hidrasi yang baik dapat memperlancar fungsi kerja tubuh seperti ginjal untuk membuang racun.

Sering dikatakan bahwa minum banyak air berarti menjaga kesehatan ginjal. Tentunya mengkonsumsi air putih secara teratur sesuai dengan jumlah yang dianjurkan sangat berpengaruh untuk menjaga ginjal dalam kondisi prima.

Ginjal adalah organ yang terletak di sepanjang dinding otot punggung (otot posterior) rongga perut. Untuk menggambarkannya dengan mudah, bentuk ginjal ini menyerupai jambu mete atau kacang merah, namun berukuran sebesar kepalan tangan, dengan lebar 6 cm dan panjang sekitar 12 cm.

Fungsi ginjal sendiri memegang peranan penting dalam kesehatan tubuh yaitu menyaring zat-zat sisa (zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh), baik dari makanan dan minuman, obat-obatan, maupun zat-zat yang dapat menimbulkan dampak toksik bagi tubuh lainnya. tubuh.

Setiap hari, ginjal menyaring sekitar 200 liter darah. Dari jumlah darah yang disaring, ada sekitar 2 liter zat sisa yang akan dikeluarkan melalui urin.

Karena fungsi ini, ginjal dilengkapi dengan sepasang ureter, kandung kemih, dan uretra yang akan membawa urin keluar melalui proses buang air kecil.

Selain itu, organ tubuh yang satu ini juga berfungsi untuk menyerap zat-zat yang berdampak baik bagi kesehatan tubuh. Sebut saja beberapa zat seperti asam amino, gula, natrium, kalium, dan nutrisi lainnya.

Salah satu kelenjar di ginjal yaitu kelenjar adrenal juga memiliki fungsi penting yaitu menyerap kalium dari urin ke dalam pembuluh darah, sehingga dapat dimanfaatkan oleh tubuh.

Mengingat fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh, maka sangat dianjurkan agar kita selalu memenuhi kebutuhan air mineral dengan cara mengkonsumsinya secara rutin, dengan dosis yang dianjurkan.

10. Membantu menurunkan berat badan | Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Dengan meminum air putih sebelum makan akan membuat Anda merasa sedikit kenyang dan pada akhirnya membuat Anda merasa lebih cepat kenyang.

Ini akan membuat Anda makan lebih sedikit dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Namun, semua manfaat air biasa harus didukung dengan kualitas air yang terjaga. Baik dari segi pengolahan, konten, hingga semua proses hingga dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan demikian, gaya hidup sehat yang ingin Anda terapkan menjadi optimal.

Nah demikianlah informasi mengenai manfaat air putih bagi tubuh kita. Sangat banyak bukan? Dan tentunya dari informasi diatas semoga kita lebih memperhatikan pola minum kita sehari-hari ya, supaya asupan cairan dalam tubuh kita terpenuhi dengan maksimal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. See you and keep healthy ya ^^