cara membuat kerajinan sabut kelapa

Berikut Cara Membuat Kerajinan Sabut Kelapa Terbaru!!!

Sabut Kelapa

Pada saat di era industrilisasi ternyata sabut kelapa banyak dicari karena memiliki banyak manfaat, sehingga harus diolah terlebih dahulu.

Serat dari sabut kelapa atau coco fiber merupakan hasil pemisahan serat dari sabut kelepa. Coco fiber ini merupakan hasil samping dari pengolahan kopra, perdagangan kelapa dan minyyak kelapa untuk konsumsi rumah tangga.

Pasar-pasar domestik dan pasae ekspor ternyata menyerap produk dalam jumlah besar. Sebelum memasuki bisnis sabut kelapa harus diolah terlebih dahulu untuk mengolah sabut kelapa. Kelapa bila dimanfaatkan secara optimal akan memberikan manfaat, banyak pengusaha yang membuktikan bahwa manfaat mengolah sabut kelapa menjadi komoditas yang bermanfaat.

Baca juga : Cocomesh Jaring Sabut Kelapa

Beberapa Manfaat dari Pohon Kelapa

  • Buah pohon kelapa : Dapat dikosumsi, dan juga dapat juga dibuat untuk bahan makanan.
  • Batang pohon kelapa : Dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan jembatan, rumah, kadang-kadang, dan sebagainya
  • Daun pohon kelapa : Dapat dimanfaatkan untuk pembuatan belah ketupat anak tangga, kotak di pondok, kerajinan tangan dan lainnya
  • Bunga pohon kelapa : Dapat dimanfaatkan untuk obat tradisional, dan untuk kerajinan tangan membuat topi atau tas
  • Sabut Kelapa : Dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan arang.

Cara Membuat Kerajianan Sabut Kelapa

cara membuat kerajinan sabut kelapa

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan banyak perkebunan kelapa. Sejak kecil kita sudah mengetahui bahwa pohon kelapa memiliki banyak manfaat dari akar hingga daun. Misalnya, sabut kelapa yang biasanya dibuang, sebenarnya bisa diolah kembali menjadi tikar yang terbuat dari sabut kelapa.

Menggunakannya sampai sekarang, buahnya menjadi santan dan minyak. Batangnya digunakan untuk membuat kayu dan daunnya untuk membuat sapu, dan sebagainya. Limbah dari sabut kelapa yang dibuang sebenarnya dapat dijadikan sebagai produk yang dapat bermanfaat bagi lingkungan dan juga membawa nilai ekonomi bagi pedesaan.

Pada umumnya masyarakat  hanya memanfaatkan sabut kelapa untuk  kebutuhan bahan bakar rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakar. Di daerah penghasil kelapa, arang ini sering dibuang. Usaha-usaha pembuatan genteng dan batu bara sangat sering membutuhkan sabut kelapa untuk proses pembakarannya.

Namun ada beberapa perajin yang memanfaatkan sabut kelapa ini untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis. Suka dengan bisnis pengolahan kelapa?

Cocofiber, juga dikenal sebagai sabut kelapa, merupakan bahan utama untuk memproduksi berbagai produk kerajinan. Minyak kelapa yang masih kasar dan juga kental dapat diolah untuk memperoleh serat lunak dengan dua cara, yaitu teknik tradisional dan teknik modern. Berikut ini adalah contoh cara membuat kerajinan tangan dari sabut kelapa yaitu kerajinan tikar.

cara membuat kerajinan sabut kelapa

Alat yang Anda Butuhkan :

  • Rimbagan
  • Palu
  • Pisau
  • Gunting
  • Gobet

Bahan yang Anda Butuhkan :

  • Sabut kelapa
  • Tali dari sabut kelapa
  • Minyak kelapa

Cara Membuuat Keset :

Siapkan alat dan bahan. Bentuk sabut kelapa yang sudah anda siapkan seperti bantal. Seteklah itu pasangkan tali ke ujung sebagai jalur untuk menenun. Beri minyak secukupnya pada tali agar bahan anyaman tidak tergenang.

Tenun tali sebagai starter juga dasar. Anyaman kelapa seperti menenun, masukan dari atas disusun merata hingga terisi semua. Setiap baris ditutup dengan cara dipukul dari atas dengan palu agar tikar kokoh dan juga memiliki kekuatan.

Setelah selesai menenun, kemudian permukaan tikar dipotong agar rata. Kunci tali atau tali agar tenunan tidak mudah lepas.

Baca juga : Resep Olahan Jagung Manis yang Enak dan Mudah Dibuat

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel yang saya buat yang menjelaskan tentang cara membuat prakarya dari sabut kelapa bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)