Haruskah Anda membeli emas?

Kadar emas“Lihat uang kertas ini? Dalam 100 tahun, itu akan lama hilang.” Infomersial TV larut malam menampilkan emas sebagai satu-satunya lindung nilai terhadap masa depan di mana dolar Anda tidak akan berharga.

Klaim tersebut memanfaatkan ketakutan kita bahwa dengan konflik di Timur Tengah dan di tempat lain, wabah yang mengancam Afrika, dan pasar kerja yang mengecewakan di dalam negeri, akhir kehidupan seperti yang kita ketahui mungkin sudah sangat dekat.

Sangat menggoda untuk menelepon nomor 800 itu dan menimbun emas, baik dalam bentuk Krugerrands dan koin lainnya, atau dalam bentuk emas batangan. Faktanya, beberapa penasihat keuangan yang diwawancarai untuk artikel ini menyarankan untuk berinvestasi antara 5% dan 15% dari portofolio Anda dalam bentuk emas, untuk berjaga-jaga.

Di luar daya tarik emosional, banyak pakar keuangan memperingatkan bahwa emas (dan, dalam hal ini, perak, komoditas yang bahkan lebih tidak stabil) terlalu berisiko, terutama bagi pensiunan yang membutuhkan investasi penghasil pendapatan. berfluktuasi secara luas dalam waktu singkat, atau merana selama bertahun-tahun.

“Emas sendiri tidak menghasilkan apa-apa,” kata Eric Meermann, manajer portofolio di Palisades Hudson Financial Group di Scarsdale, New York, yang mengelola $1,3 miliar. “Itu hanya ada… bentuk uang untuk orang yang tidak mempercayai bentuk uang lain, seperti uang tunai atau instrumen investasi lainnya.”

Koin ketakutan

Emas selalu memiliki daya pikat yang unik, dan selama abad yang lalu telah berganti-ganti masuk dan keluar dari daftar preferensi investor, meroket pada saat tekanan ekonomi atau politik. Itu tidak dikenal sebagai mata uang ketakutan untuk apa-apa.

Setelah krisis minyak tahun 1970-an dan inflasi tinggi selama bertahun-tahun, emas mencapai rekor harga $850 per ons pada tahun 1980. Kemudian, setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga untuk menahan inflasi, nilainya turun dan praktis tidak berubah selama dua dekade. Butuh 28 tahun, hingga 2008, agar harga emas naik kembali menjadi $850 per ons.

Run terakhir terjadi selama Resesi Hebat baru-baru ini dan krisis keuangan tahun 2008. Tahun itu, pinjaman ditangguhkan, rata-rata industri Dow Jones kehilangan 778 poin dalam satu hari, dan ikon Wall Street Bear Stearns dan Lehman Brothers, runtuh sebagai negara gugup menunggu untuk mencari tahu siapa yang akan menjadi berikutnya.