Ternyata Game Browser Unik Berjudul Bad News Latih Kita Mengidentifikasi Hoax

Ada banyak fungsi berasal dari terbukanya internet dan kemudahan penggunaan sosial media, tapi hal yang paling aku syukuri adalah akses gratis ke beragam macam ilmu pengentahuan. Namun pasti saja ada efek jelek berasal dari kondisi ini: makin banyaknya informasi yang beredar, maka kain susah terhitung menyaring fakta berasal dari rekayasa.

Merasa terpanggil gara-gara masalah hoax belakangan jadi makin parah, tim Social Decision-Making Laboratory di Universitas Cambridge pimpinan Dr. Sander van der Linden mengembangkan sebuah permainan unik berjudul Bad News. Disajikan sebagai game browser, Bad News dirancang untuk menyadarkan kita kondisi yang tak jarang terjadi di jejaring sosial, sehingga kita sanggup lebih cerdas di dalam mendeteksi berita bohong.

Bad News memasang Anda sebagai news games monger. Pemain dipersilakan bikin menanggalkan etika demi membangun persona palsu melalui follower dan tingkat kredibilitas. Misi Anda memadai sederhana, yakni menyatukan sebanyak-banyaknya pengikut dan membangun ‘perusahaan berbasis hoax’. Tantangannya, Anda tidak boleh ketahuan terang-terangan berbohong serta mengecewakan para follower.

Setelah Anda lewat sesi pengenalan (dan survei anonim jikalau berkenan), permainan di mulai secara unik. Anda diminta menciptakan sebuah persona atau ‘meminjam’ nama tokoh atau badan terkenal. Sebagai Presiden Trump, game menghendaki aku mem-posting tweet tentang keputusannya menyatakan perang dengan Korea Selatan.

Baru setelah tweet itu beredar, Bad News menyadarkan aku bahwa username-nya sedikit berbeda berasal dari account resmi sang presiden, yakni ‘Donald J. Trunp’.Skenario selanjutnya sama perihal di dunia nyata: beberapa orang segera merespons tweet tanpa mengecek kredibilitas account saya, lebih-lebih puluhan user memastikan bikin ikuti ‘Trunp’. Selanjutnya, permainan akan membawa Anda menciptakan perusahaan berita. Di sana Anda diminta sebabkan keputusan-keputusan penting, layaknya memilih tema berita serta trik apa yang digunakan untuk menyajikannya.

Dr. van der Linden menjelaskan bahwa dengan sebabkan orang paham segi penciptaan berita bohong, Bad News akan berperan jadi vaksin di dalam perang melawan hoax. Permainan nyata-nyata mengekspos tehnik yang digunakan penyebar kabar palsu di dunia nyata, sehingga Anda sanggup segera mengenalinya begitu menyaksikan hal sama beredar di internet.

Bad News sanggup Anda menikmati tanpa mesti membayar ataupun mendaftar. Cukup kunjungi situsnya via browser dan klik/tap tombol ‘Play the Game’.

Saya telah mencobanya sebentar, dan menurut saya, game ini sangat unik. Kontennya ditulis dengan pintar, serta dibumbui oleh sejumlah twist tak terduga. Jika Anda aktif di sosial media, aku sangat menganjurkan Anda untuk segera memainkannya.