Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Buah semangka memiliki rasa yang berkesan sangat manis, berair serta cukup menyegarkan. Buah berukuran besar ini cocok dijadikan untuk suguhan yang sempurna sebagai memuaskan dahaga saat musim panas.

Semangka mempunyai kulit buah yang berwarna hijau, daging buah ini berwarna merah cukup cerah, serta kandungan nutrisi yang lumayan berlimpah di dalamnya.

Banyak sekali kenikmatan yang dapat dirasakan oleh tubuh pada saat mengonsumsi buah tropis yang satu ini.

Tak hanya kesegaran, tetapi juga manfaat kesehatan yang terkandung didalamnya.

Banyak sekali jenis olahan buah semangka ada yang digoreng maupun diolah dengan cara lain.

Jika digoreng anda dapat menggunakan mesin vacuum frying sebagai alat bantu ketika proses membuatnya.

Berikut beberapa khasiat yang terkandung dalam buah semangka:

Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

  1. Menyehatkan Jantung

Khasiat dari buah semangka yang pertama ialah mampu meyehatkan jantung. Selain buah tomat, semangka juga menjadi salah satu buah yang cukup kaya akan likopen.

Likopen merupakan karotenoid, salah satu macam antioksidan yang mampu mencegah kerusakan tubuh serta sel akibat radikal bebas.

Selain itu, likopen juga mampu melindungi tubuh dari kolesterol jahat yang dapaat memicu penyakit jantung koroner.

Khasiat ini didukung dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa likopen baik sebagai menjaga kesehatan jantung.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Semangka merupakan sumber likopen yang lumayan luar biasa. Kandungan likopen ini dapat menjadikan khasiat semangka yang cukup bagus untuk kesehatan jantung serta tulang, karena likopen memiliki fungsi untuk antioksidan.

Sebagai antioksidan, kemampuan likopen lumayan menakjubkan sebagai menetralisir molekul radikal bebas yang mampu merusak sel dan jaringan tubuh.

  1. Mencegah Dehidrasi

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Maka tidak heran jika buah yang satu ini banyak disukai di wilayah tropis serta menjadi buah favorit pada saat musim panas di negara yang memiliki empat musim.

Berkat kandungan air yang sangat tinggi ini, khasiat buah semangka membuat seseorang akan terhindar dari dehidrasi serta cita rasanya pasti lebih nikmat daripada air mineral yang biasa.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat semangka juga mampu meningkatkan kadar arginin, dan juga asam amino penting yang dipakai sebagai sintesis oksida nitrat.

Oksida nitrat tidak hanya dipakai sebagai membantu melebarkan pembuluh darah agar dapat peredaran darah tetap terjaga lancar serta mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi, tetapi juga bekerja dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

Buah ini juga merupakan sumber dari vitamin C, mikronutrien utama yang memiliki fungsi yang ganda, yakni bertindak untuk antioksidan serta meningkatkan kekebalan tubuh sebagi menjaga tubuh sehat serta menangkal berbagai penyakit kronis.

Antioksidan juga mampu membantu melawan terhadap radikal bebas serta melindungi sel terhadap kerusakan dan juga stres oksidatif.

  1. Meredakan Nyeri

Buah semangka juga mengandung banyak sekali vitamin C yang sudah terbukti mampu melindungi tulang rawan, membantu dalam perbaikan tendon serta ligamen, dan juga membantu mempercepat penyembuhan dalam luka.

Kalium serta magnesium, dua nutrisi yang juga dapat dijumpai di dalam buah semangka, juga penting sbagai pemulihan otot serta dapat meredakan rasa sakit.

Kalium, secara khusus dapat membantu pencegahan kram otot setelah olahraga serta membantu penyembuhan cedera lebih cepat.

baca juga: Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Membantu Membuang Racun

Semangka merupakan buah yang mengandung cukup banyak air (bahkan diperkirakan memiliki sekitar kurang lebih 91 persen air) yang mampu membantu detoksifikasi dan mampu membersihkan tubuh dari kelebihan banyak cairan, menghilangkan rasa kembung, serta bengkak.

Kandungan kalium dan juga magnesium dalam buah semangka juga sangat penting sebagai membantu detoksifikasi.

Kalium ini berfungsi untuk elektrolit, meningkatkan peredaran darah serta hidrasi dalam tubuh, yang memungkinkan oksigen mencapai sel-sel.

  1. Menyehatkan Mata

Kandungan yang terdapat dalam buah semangka yaitu beta-karoten, vitamin A, vitamin C, lutein, serta juga mengandung zeaxanthin yang terdapat dalam semangka ialah nutrisi penting yang mampu membantu menjaga kesehatan pada mata.

Perlu diketahui pula, kekurangan pada vitamin A yang serius mampu menyebabkan degenerasi makula, dimana suatu kondisi yang biasa ditandai dengan penebalan kornea yang pada akhirnya bisa  menyebabkan masalah pada kesehatan mata hingga kebutaan.

Semangka merupakan sumber beta-karoten yang memiliki berbagai bentuk, bentuk vitamin A yang ditemukan didalam tanaman.

Cukup mendapatkan zat ini dalam makanan mampu membantu dalam mencegah degenerasi makula, penyebab utama pada kebutaan terkait usia senja.