khasiat minyak vco untuk kesehatan

Khasiat Minyak VCO untuk Kesehatan Terjamin

Terdapat dua jenis minyak yang dihasilkan oleh kelapa, yaitu  biasa coconut cooking oil dan Virgin Coconut Oil (VCO). Berikut mari kita simak, beberapa khasiat minyak vco untuk kesehatan yang telah kami rangkum.  Produk mesin untuk minyak kelapa (VCO)

Dari daging kelapa, kulit kelapa, sampai serabut kelapa dapat dimanfaatkan. Daging kelapa biasanya digunakan sebagai olahan masakan seperti santan atau serundeng. Kulit kelapa dapat digunakan sebagai kerajinan tangan, dan serabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai perabotan rumah tangga.

Virgin Coconut Oil (VOC)

Minyak VOC sendiri merupakan minyak nabati yang sehat. Memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan, biasanya dapat dimanfaatkan menjadi bahan pelengkap seperti shampo, kopi dan lain sebagainya..

VCO juga mengandung tokoferol yang berfungsi sebagai antioksidan alami dan memiliki komponen aktif biologis yang membantu aktivitas vitamin E dalam menjaga kekebalan tubuh.  Beberapa alat mesin pada umkm seperti produk mesin untuk vco

Kandungan antioksidan VCO juga melindungi jantung dan pembuluh darah, menangkal radikal bebas dan penyakit degeneratif, memperbaiki penyerapan zat gizi, dan mengatasi gangguan pencernaan.

lalu, apa saja kegunaan dari minyak VOC? Berikut mari kita simak, beberapa khasiat minyak vco untuk kesehatan yang telah kami rangkum.

Khasiat Minyak VCO untuk Kesehatan Terjamin

cara buat minyak kelapa untuk rambur

1. Mampu Menangkal Virus dan Bakteri

Kegunaan minyak virgin coconut oil bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menjaga dan menambah daya tahan tubuh dari berbagai ancaman penyakit. Penyakit diketahui dapat bersumber dari  bakteri, kuman, hingga virus.

VCO diketahui memiliki kandungan asam laurat sebanyak 50% dari asam lemak di dalamnya. Asam laurat ini lah yang menyebabkan sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, serta anti-virus yang dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai sumber penyakit mematikan.

2. Melindungi Kesehatan Kulit dan Rambut

Selanjutnya kegunaan minyak virgin coconut oil mampu membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Siapa yang tak suka melihat rambut dan kulit yang sehat dan bagus? Tentu banyak orang yang mengidam-idamkanya.

Untuk memperoleh kulit dan rambut yang sehat, Anda dapat menambahkan VCO sebagai bahan pelengkap saat memasak. Minyak VCO dapat meningkatkan kadar air dalam tubuh hingga mengurangi gejala eksim penyebab kulit kusam, kering dan gelap.

Berikut ini caranya: 

  • Sebagai pelembab rambut, tuang minyak seperlunya. Usapkan perlahan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Balut rambut dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam. Selanjutnya, bilas dengan shampoo.
  • Untuk menumbuhkan rambut, pijat kulit kepala secara menyeluruh dengan 1 sendok teh VCO selama 5 menit. Lakukan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu.
  • Untuk melawan ketombe, campur Virgin Coconut Oil dengan essential oil dan usapkan ke kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 20 menit. selanjutnya, Bilas dengan shampoo.

3. Memeperbaiki Sistem Pencernaan

Sementara itu, kegunaan minyak virgin coconut oil yakni dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Minyak kelapa dapat membantu tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi yang dibutuhkan seperti kalsium, vitamin, dan magnesium.

Minyak kelapa juga terbukti untuk meningkatkan bakteri baik dengan menghilangkan bakteri jahat di dalam usus. Dengan begitu, pencernaan dapat bekerja secara maksimal untuk menyerap berbagai nutrisi.

4. Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi virgin coconut oil setiap hari dapat mengalami pengurangan lemak yang signifikan terutamadi daerah perut. Walaupun minyak kelapa merupakan salah satu tipe lemak, namun bisa dibilang tipe lemak yang sehat dan mampu membantu menurunkan berat badan.

Ini disebabkan adanya kandungan jaringan lemak asam medium yang akan digunakan oleh tubuh untuk energi alih-alih menyimpannya sebagai lemak, dan hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Pemulihan Herbal Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang umumnya diderita oleh sebagian besar kalangan lanjut usia. Namun, hal ini tak menutup kemungkinan bagi anak muda untuk terserang Alzheimer.

Untuk mengurangi resiko ini, para generasi muda harus dapat menerapkan pola hidup sehatdari rutin olahraga dan dengan memilih nutrisi yang tepat saat mengonsumsi makanan. Seperti mengonsumsi makanan dengan kandungan VCO di dalamnya.

Kandungan katon pada VCO terbukti dalam penelitian dapat menciptakan sumber energi alternatif selain insulin yang dihasilkan dari otak. Sumber energi ini yang ternyata dapat membuat otak tetap berfungsi secara normal.

6. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Berdasarkan penelitian terhadap sejumlah orang di dataran Pasifik Selatan yang menjadikan VCO sebagai bagian dari pola makan menunjukkan hasil menakjubkan. Masyarakat diketahui dapat hidup lebih lama dengan jantung yang sehat.

Hal ini disebabkan 60% energi berasal dari kalori minyak kelapa yang dikonsumsi. Dengan mengonsumsi kelapa yang mengandung minyak di dalamnya, tubuh secara cepat meningkatkan banyak energi.

Itulah beberapa informasi mengenai khasiat minyak vco untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat diapliasikan dirumah ya teman-teman.

Terima Kasih.