Manfaat Kelapa Hijau Bagi Kesehatan

10 Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan – Pasa dasarnya, buah kelapa membutuhkan waktu sekitar 12 bulan untuk bisa matang seutuhnya. Namun, buah kelapa juga dapat dikonsumsi saat masih berusia sekitar 7 bulan atau biasa disebut dengan kelapa muda.

Buah kelapa sangat cocok dikonsumsi di saat cuaca yang panas, terlebih lagi negara kita berada di garis khatulistiwa yang selalu terpapar teriknya matahari. Tak heran jika di daerah pantai banyak ditemui para penjual kelapa hijau.

Buah kelapa sendiri ada banyak macamnya, namun salah satu jenis buah kelapa muda yang paling sering dijadikan minuman yaitu kelapa hijau. Saat dibelah, buah kelapa memiliki daging yang masih lembut. Di samping itu, air kelapa hijau yang masih muda juga sangat menyegarkan serta mengandung elektrolit yang tinggi.

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Selain enak dan menyegarkan, buah kelapa hijau juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah kelapa hijau memiliki kandungan nutrisi yang yang baik bagi tubuh, diantaranya yaitu serat, vitamin, dan mineral-mineral penting. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak manfaat kelapa hijau bagi kesehatan berikut ini :

1. Mengatasi Dehidrasi Tubuh

Air kelapa muda terkenal dengan kemampuannya untuk menghidrasi tubuh karena sifatnya yang hampir mirip dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Di samping itu, air kelapa juga sangat mudah diserap oleh tubuh.

Air kelapa hijau terkenal dengan kandungan elektrolitnya yang sangat tinggi. Maka tak heran jika air kelapa hijau sangat cocok dikonsumsi, terutama bagi Anda yang lelah setelah beraktifitas maupun berolahraga.

Selain elektrolit, air kelapa muda juga mengandung zat potasium yang sangat berguna untuk menjaga tekanan air di dalam sel dan darah.

2. Menurunkan Berat Badan

Menjaga berat badan ideal memang tidak mudah. Namun siapa sangka ternyata air kelapa hijau juga bisa bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Manfaat air kelapa hijau ini tak lain tak bukan karena kandungan lemak, gula, serta kalorinya yang sangat rendah. Konsumsi air kelapa hijau sebagai minuman andalan Anda saat menjalani program penurunan badan tidak akan menimbulkan efek samping jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, sebaiknya Anda menghindari penggunaan obat-obatan kimia dan menggantinya dengan bahan alami seperti air kelapa hijau.L. Selain itu, imbangi juga dengan pola makan dan pola hidup yang sehat dengan rutin berolahraga agar manfaat air kelapa hijau untuk menurunkan berat badan bisa bekerja secara optimal.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh | Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Manfaat air kelapa hijau yang berikutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Air kelapa hijau mengandung senyawa fenolik, yaitu salah satu senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jenis senyawa ini diyakini mampu mengurangi peradangan serta mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.

Selain senyawa fenolik, air kelapa hijau juga mengandung vitamin dan mineral-mineral penting seperti zink, tembaga, mangan dan selenium. Senyawa-senyawa ini dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit.

4. Sehatkan Pencernaan

Dengan mengonsumsi air kelapa hijau, Anda bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan serta mampu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Air kelapa biasanya digunakan untuk mengobati masalah gangguan pencernaan seperti diare, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, serta gangguan ginjal.

Dalam mengatasi diare, air kelapa di sini berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang dari saluran pencernaan. Hal ini karena air kelapa mengandung zat asam amino, enzim, asam lemak serta mineral-mineral penting yang menjadikannya memiliki tingkat osmolaritas yang tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium klorida yang rendah serta gula dan asam amino yang tinggi. Kandungan-kandungan ini merupakan komposisi yang seimbang untuk minuman pencegah dehidrasi.

5. Melancarkan Sistem Metabolisme Tubuh | Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, mengonsumsi air kelapa hijau juga bisa  bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang lancar bisa menurunkan risiko terkena penyakit metabolik seperti penyakit jantung.

Penyakit metabolik biasanya ditandai dengan tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, gula darah tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, serta lemak perut berlebih.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol tekanan darah bisa dilakukan dengan cara memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Salah satunya dengan mengonsumsi air kelapa hijau.

Air kelapa muda terkenal dengan manfaatnya yang dapat menurunkn tekanan darah. Pasalnya, di dalam air kelapa hijau terkandung kalium yang tinggi serta natrium yang rendah sehingga cocok untuk menurunkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa dengan mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin mampu menurunkan tekanan darah pada para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat air kelapa yang selanjutnya yaitu mampu mencegah penyakit diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang mulai banyak terjadi di Indonesia.

Menurut beberapa penelitian, air kelapa hijau terbukti bisa digunakan untuk mencegah penyakit diabetes. Air kelapa hijau diyakini dapat menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk menurunkan risiko terkena diabetes.

Air kelapa hijau mengandung pemanis alami, sehingga tidak perlu menambahkan pemanis tambahan. Selain itu, air kelapa muda mengandung zat magnesium yang mampu meningkatkan sensifitas terhadap insulin sehingga kadar gula dalam darah bisa terkontrol.

8. Mencegah Penyakit pada Ginjal | Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Air kelapa muda sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah pada ginjal.

Mengkonsumsi air kelapa hijau bisa berguna untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Selain itu, air kelapa hijau juga mengandung banyak nutrisi yang mampu menjaga organ tubuh secara keseluruhan terutama ginjal.

Oleh karena itu, mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin, bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit seperti batu ginjal.

9. Mencegah Penuaan Dini

Datangnya tanda-tanda penuaan merupakan salah satu masalah kulit yang susah untuk dikendalikan. Terutama akibat kondisi lingkungan yang tidak bersahabat. Mulai dari polusi, paparan sinar matahari, jam tidur yang tidak teratur, kurang mengonsumsi air putih, serta konsumsi makanan yang tidak sehat bisa menjadi penyebab munculnya penuaan dini.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, Anda dapat mengonsumsi air kelapa hijau. Mengonsumsi air kelapa hijau diyakini dapat menjadikan kulit menjadi lebih halus serta tampak lebih muda.

Manfaat air kelapa hijau ini berasal dari kandungan zat sitokinin yaitu hormon pertumbuhan yang bisa mengatur pertumbuhan, perkembangan serta penuaal pada sel-sel kulit.

Kandungan siokinin ini terkenal memiliki efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Selain itu, sitokini juga mampu menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, serta mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

10. Menjaga Kesehatan Kulit | Manfaat Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Selain dapat mencegah dari tanda-tanda penuaan dini, air kelapa hijau juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Air kelapa hijau sangat bermanfaat untuk menjaga elastisitas kulit serta melindunginya dari masalah radikal bebas. Pasalnya, dalam air kelapa hijau terkandung banyak vitamin C.

Seperti yang kita tahu, mengonsumsi vitamin C yang cukup sangat bagus bagi kesehatan kulit karena dapat meningkatkan produksi kolagen serta kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas.

Agar dapat merasakan manfaat dari air kelapa hijau yang satu ini, Anda perlu mengonsumsi air kelapa hijau secara rutin. Dengan dosis satu gelas per harinya agar kebutuhan vitamin C harian bisa terpenuhi.

Air kelapa bisa Anda jadikan sebgaai alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh di saaat Anda tidak menyukai buah asam.

Demikian tadi beberapa manfaat air kelapa hijau bagi kesehatan. Semoga informasi-informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda terhadap manfaat air kelapa hijau.

Baca Juga :