cara membuat briket arang batok kelapa

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa yang Mudah Dicoba!!!

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat briket arang batok kelapa. Briket arang tempurung kelapa biasanya digunakan untuk memasak, sebaiknya digunakan untuk proses pemanggangan dalam skala industri. Cara membuat briket arang dari kelapa juga cukup mudah.

Briket arang kelapa memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan bakar konvensional lainnya, seperti menghasilkan tingkat panas yang tinggi, sangat ramah lingkungan, dan juga produk Go Green Energy.

Bahan bakar alternatif ini merupakan salah satu sumber energi yang dapat diperoleh dari biomassa yang digunakan sebagai energi alternatif, minyak bumi dan energi lain yang diperoleh dari fosil.

Briket dapat dibuat dari banyak bahan baku kita yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, seperti tempurung kelapa, sekam padi, arang, serbuk gergaji (serbuk gergaji), kepala jagung, daun, dll.

Pembuatan briket dilakukan melalui proses kontrol atau pemadatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan biomassa yang akan digunakan sebagai energi alternatif, serta ukuran biomassa yang relatif kecil akan menghasilkan jumlah yang besar. energi.

Selain membuat bentuk biomassa lebih seragam, akan lebih mudah dalam proses penyimpanan dan distribusinya.

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa

cara membuat briket arang batok kelapa

Salah satu populasi limbah padat kelapa menggunakannya sebagai bahan bakar alternatif. Salah satu bentuk pemanfaatannya adalah briket arang.

Briket merupakan material balok yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk menyalakan dan memelihara api. Berikut cara dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat briket tempurung kelapa :

Alat dan Bahan :

  • Batok kelapa secukupnya
  • Tepung Kanji secukupnya
  • Air secukupnya
  • Pipa/paralon

Cara Membuat Briket Arang Batok Kelapa:

1. Pengarangan

Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat dari arang dengan hand school (dibakar).

2. Pengayakan

Pengayakan ini dilakukan agar menghasilkan serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Serbuk gergaji dan arang kelapa diayak menggunakan saringan 50 mesh dan arang tempurung 70 mesh.

3. Pencampuran

Arang gergaji, tempurung kelapa dan lem pati (campuran tepung pati dan air) dengan perbandingan 10% serbuk gergaji dan 90% arang tempurung kelapa. Tambahkan lem kanji hingga 2,5% dari seluruh campuran serbuk gergaji dan arang kelapa sambil diaduk.

4. Pencetakan Briket Arang

Setelah bahan pipih telah ditempatkan dalam bentuk briket dan ditekan. Keringkan sampai benar-benar kering. Setelah benar-benar kering, braket baru dapat digunakan. Untuk mencetak, anda juga bisa menggunakan mesin briket yang memudahkan dalam pembuatan briket.

Keunggulan Briket Arang Batok Kelapa

cara membuat briket arang batok kelapa

Berdasarkan penelitian, briket tempurung kelapa memiliki banyak keunggulan dibandingkan briket yang terbuat dari arang atau bahan bakar lainnya. Berikut beberapa keunggulan briket arang batok kelapa :

1. Energi Terbarukan

Jadi yang dimaksud dengan energi terbarukan adalah energi yang dapat kita peroleh dan berasal dari sumber daya alam. Bahan baku ini sekarang merupakan hasil dari proses alam yang berkelanjutan, sehingga tidak akan ada habisnya, karena selalu diproduksi oleh alam.

Briket arang kelapa termasuk dalam kategori Biomassa. Biomassa merupakan jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme hidup.

2. Tidak Beracun

Karena proses pembuatan briket arang dari tempurung kelapa memang dibuat dengan proses yang alami, maka briket ini aman untuk kita gunakan. Yang dibuat dengan bahan tambahan, hanya tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai perekat adonan briket. Oleh karena itu, briket arang tempurung kelapa menjadi bahan yang aman dan tidak beracun.

3. Tidak Berasap

Kalau dibakar arang biasanya akan mengeluarkan banyak asap, misalnya kita bisa melihat saat kita menggoreng kejenuhannya, banyak asap yang akan keluar, walaupun baunya jenuh. Namun berbeda dengan briket arang tempurung kelapa ini. Pada pembakaran, asap yang dihasilkan sangat sedikit, bahkan hampir berasap, sehingga tidak mengganggu lingkungan.

4. Go Green Energy

Ini adalah salah satu manfaat briket arang dengan tempurung kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy adalah istilah untuk sumber energi yang ramah lingkungan. Ya, dengan keunggulan briket arang batok kelapa ini terbuat dari bahan baku kelapa dan juga ditambah dengan tepung tapioka, jadi jika dibakar tidak akan berasap, oleh karena itu briket arang batok kelapa sangat ramah lingkungan.

5. Pengganti Batu Bara

Jika kita perhatikan secara rutin, bahan bakar yang digunakan terutama untuk industri adalah batu bara. Namun seiring perkembangan zaman, nampaknya penambangan batu bara secara besar-besaran akan sangat merugikan alam.

Selain itu, batu bara yang lebih cenderung dan tergolong beracun, tampaknya terhirup oleh manusia. Oleh karena itu, briket arang dari batok kelapa dapat menjadi solusi alternatif pengganti batubara.

6. Waktu Pembakaran yang Lama

Briket arang tempurung kelapa ini memiliki waktu pembakaran atau waktu pembakaran yang lama, sekitar 2-3 jam tanpa henti. Untuk menjadikannya bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.

7. Sebagai Alternatif Pengganti Kompor Gas

Hampir penduduk selalu menggunakan kompor gas saat memasak, bukan? Apalagi sekarang harga gas masih naik dan konsumsi kadang rendah, kami frustasi.

Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan waktu, beberapa produsen briket arang dari tempurung kelapa kini telah melihat potensinya dengan membuat kompor briket. Tujuannya untuk menggantikan kompor gas yang selama ini digunakan oleh rumah tangga.

Baca juga : Cara membuat mie godog telur

Demikian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara membuat briket arang batok kelapa bermanfaat. Selamat mencoba…

Terima kasih:)