Pembuatan Briket dari Serbuk Kayu Gergaji Dengan Mudah

Pembuatan Briket dari Serbuk Kayu Gergaji Dengan Mudah

Briket adalah suatu balok bahan yang dapat dibakar untuk digunakan sebagai bahan bakar. Bahan bakar alternatif ini diproduksi dengan membakar bahan-bahan kecil. Briket dapat dibuat dari berbagai jenis bahan, tetapi briket yang paling umum digunakan adalah briket arang, briket batu, briket biomassa, dan briket gambut. Membuat briket cukup mudah dan Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita untuk membuatnya.

Briket ini sangat berguna dalam hal memasak dan kebutuhan yang berbeda. Briket ini merupakan bahan bakar alternatif yang sangat efisien dan menjadi pilihan masyarakat. Briket ini memiliki banyak keunggulan karena mampu menghasilkan energi panas yang tinggi dan dapat bertahan lama, menjadikan bahan bakar ini pilihan yang tepat untuk menghemat biaya.

Briket dapat dibuat dari arang kelapa, serbuk gergaji, sampah organik, batok dari batok, dan sebagainya. Berbagai jenis bahan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk produksi bahan bakar. Jika Anda tertarik untuk membuat briket sendiri, baca artikel ini.

Baca Juga : cara membuat jasuke untuk jualan enak

1. Briket serbuk kayu

Serbuk gergaji ini biasanya akan dibuang dan tidak digunakan dan akan menimbulkan banyak masalah lingkungan dari bahan yang satu ini. Namun pada tahap ini serbuk gergaji dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengurangi permasalahan lingkungan yaitu dengan membuat briket dari serbuk gergaji.

Menggunakan bahan kayu yang mudah terbakar mudah untuk membuat briket dari serbuk gergaji. Briket serbuk gergaji dapat digunakan sebagai bahan bakar memasak dan berbagai kebutuhan. Briket serbuk gergaji ini dapat dibuat dari serbuk gergaji yang dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau.

Bahan untuk Membuat Briket dari Serbuk Kayu :

  • gergaji
  • bertepuk tangan
  • Tempatkan pati

Peralatan:

  • Ukuran saringan melewati 50 mesh dan 70 mesh
  • Oven
  • bentuk briket

Proses Pembuatan Briket dari Serbuk Kayu :

1. Pengarangan

Serbuk kayu yang diperoleh dengan bahan mantel kelapa ini dibakar hingga menjadi arang.

2. menyaring

Jika sudah menghasilkan arang halus, maka lakukan pengayakan untuk menghasilkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak menggunakan ayakan dengan ukuran lolos 50 mesh dan arang kelapa dengan ukuran lolos 70 mesh.

3. Campuran

Serbuk gergaji dan arang kelapa yang telah disaring kemudian dicampur dengan perbandingan 90% arang serbuk gergaji dan 10% arang kelapa. Jika proses pencampuran dengan lem kanji ditambahkan 2,5% dari keseluruhan campuran arang.

4. Cetakan briket arang

Jika bahan tercampur rata, arang bisa langsung dimasukkan ke dalam bentuk briket dan ditempa. Setelah briket dipres, briket dapat langsung dikeringkan dengan oven pengering atau dijemur di bawah sinar matahari langsung.

Dengan menggunakan bahan-bahan seperti serbuk gergaji dan mengolahnya menjadi briket, merupakan cara yang efektif untuk mengurangi pencemaran lingkungan, selain itu juga dapat menghasilkan manfaat lain berupa bahan bakar untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

Baca Juga :Produk mesin briket arang kelapa

2. Briket batok kelapa

Briket tempurung kelapa ini merupakan bahan bakar alternatif yang memiliki banyak manfaat jika Anda menggunakannya. Beberapa keuntungan menggunakan briket kelapa adalah hemat dan ekonomis, aman dan ramah lingkungan. Briket tempurung kelapa bersifat mudah terbakar, dapat bertahan lama dan memberikan energi panas yang tinggi, menjadikan briket tempurung kelapa lebih hemat dibandingkan dengan bahan bakar lainnya. Pengolahan briket ini tidak menambahkan bahan kimia, sehingga tidak berasap dan jika tidak terbang. Dengan menggunakan briket ini, Anda tidak perlu khawatir peralatan memiliki noda hitam, karena briket ini tidak meninggalkan noda pada peralatan.

Keunggulan briket tempurung kelapa

Briket tempurung kelapa ini memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  • Lebih murah dan hemat.
  • Tidak ada risiko ledakan atau kebakaran seperti kompor minyak tanah dan kompor LPG.
  • Panas yang tinggi dan persisten, sehingga sangat baik untuk pembakaran yang berlangsung lama.
  • Tidak banyak mengeluarkan suara dan tidak mengeluarkan jelaga, sehingga tidak merusak peralatan memasak
  • Ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan, terutama bagi ibu rumah tangga yang rutin memasak di dapur.
  • Sumber briket dari tempurung kelapa berlimpah.

Bahan pembuatan briket kelapa :

  • arang kelapa
  • Pati
  • air

Peralatan:

  • Penghancur arang / pabrik cakram
  • tekan briket
  • Mesin pencampur adonan
  • briket

Membuat briket tempurung kelapa:

  1. Penulisan:
    Tempurung kelapa dibuat arang dengan cara direbus secara manual yaitu menggunakan tong yang kemudian dibakar dan ditutup sampai ada sedikit ventilasi pada tong arang. Penulisan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan proses pirolisis, disinilah tempurung kelapa ditaruh dalam tangki pirolisis tertutup, kemudian asapnya dikondensasikan untuk mendapatkan asap cair.
  2. Mengemudi:
    Arang yang dihasilkan dengan pembakaran tangan atau dengan proses pirolisis kemudian ditaburi menggunakan mesin penggilingan cakram.
  3. Penyaringan:
    Jika sudah hancur arangnya diayak agar bisa menghasilkan arang kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Arang batok kelapa ini diayak menggunakan ayakan 50 mesh.
  4. Pencampuran media:
    Tepung kelapa ini kemudian dicampur dengan air dan getah pati. Selama proses pencampuran ini, perlu ditambahkan 2,5% gum pati dari tepung kelapa tadi.
  5. Pengepresan briket arang tempurung kelapa :
    Jika semua bahan tercampur rata, lakukan proses pencetakan menggunakan cetakan.
  6. Pengeringan:
    Keringkan briket yang ditekan dengan oven pada suhu 650 oC selama kurang lebih 2 jam. Pengering ini dapat digunakan dengan sinar matahari. Briket batok kelapa ini siap dikemas dan dipasarkan.

Membuat briket dari bahan pelepah kelapa cukup sederhana. Anda bisa mencoba membuat briket dari bahan sabut kelapa ini. Briket tempurung kelapa akan memudahkan proses pemasakan. Hasil masakannya juga memuaskan dengan menghasilkan cita rasa makanan yang enak sehingga menguntungkan bagi penggunanya, baik ibu rumah tangga, warung makan, restoran maupun industri.

Baca juga : Cara membuat briket dari serbuk kayu

Sekian penjelasan saya tentang briket dari serbuk kayu. Apabila ada kelebihan dan kekurangan saya mohon maaf, semoga membantuu..