Manfaat Kelapa Muda untuk Asam Lambung

Manfaat Kelapa Muda untuk Asam Lambung dan Maag

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi air kelapa muda. Yuk simak informasi lengkap manfaat kelapa muda untuk asam lambung dalam artikel berikut ini!

Air kelapa muda merupakan salah satu minuman yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa. Minuman ini sangat cocok dinikmati di saat cuaca yang panas atau usai beraktifitas berat seperti berolahraga.

Intip Cara Membudidayakan Pohon Kelapa Hijau Agar Cepat Berbuah

Air kelapa muda cukup terkenal dengan khasiatnya untuk menghidrasi tubuh berkat kandungan elektrolitnya yang tinggi. Selain itu, minuman yang satu ini memiliki sifat yang hampir mirip dengan cairan yang ada di dalam tubuh, sehingga menjadikannya mudah terserap oleh tubuh. Dengan demikian, air kelapa muda bisa menjadi pilihan tepat saat Anda bosan mengonsumsi air putih.

Air kelapa muda juga kaya akan antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu, air kelapa tak hanya bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, namun juga ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya, salah satunya yaitu mengatasi asam lambung yang dapat menyebabkan maag.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang manfaat air kelapa muda untuk asam lambung, mari kita kenali terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dalam air kelapa muda.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa Muda

Dalam 250 ml air kelapa muda mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut:

  • 45,6 kalori
  • 0,4 gram lemak
  • 0 kolesterol
  • 252 mg natrium atau 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • 600 mg kalium atau 17% dari kebutuhan harian tubuh
  • 8,8 gram karbohidrat atau 3% dari kebutuhan harian tubuh
  • 2,6 gram serat
  • 6,3 gram gula
  • 1,8 gram protein
  • Vitamin C 10% dari kebutuhan harian tubuh
  • Kalsium 6% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi 4% dari kebutuhan harian tubuh

Kelapa Muda untuk Asam Lambung

Seperti yang kita tahu, penderita maag sangat sensitif dengan pemilihan makanan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi agar maag tidak kambuh.

Penyakit maag merupakan  peradangan serta infeksi yang terjadi pada lapisan lambung. Salah satu faktor penyebabnya yaitu karena kadar asam lambung yang tinggi dan mampu mengikis lapisan lambung. Selain itu, bakteri Helicobacter pylori juga dapat menyebabkan tukak lambung. Namun, tak usah khawatir karena kadar asam lambung yang tinggi bisa Anda atasi dengan mengonsumsi air kelapa muda.

Diketahui bahwa air kelapa muda memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat mencegah serta menetralkan kadar asam lambung. Tentu hal ini bisa mengurangi penyebab terjadinya pengikisan lapisan lambung dan penyakit maag.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam air kelapa muda juga dapat menangkal radikal bebas yang bisa merusak lapisan lambung. Konsumsi air kelapa muda juga dapat meredakan gejala maag yang kambuh seperti nyeri pada ulu hati, kembung dan lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa muda untuk asam lambung ini, sebaiknya air kelapa muda dikonsumsi sebanyak dua kali sehari setelah 30 menit sesudah makan. Untuk hasil yang maksimal, pengobatan penyakit maag alami ini ini sebaiknya dilakukan selama kurang lebih dua bulan.

Aturan Minum Air Kelapa Muda yang Tepat untuk Asam Lambung

Meskipun memiliki manfaat yang baik untuk mengontrol asam lambung dan mencegah penyakit maag, namun air kelapa muda tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Dosis yang dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa muda adalah satu gelas atau 250 ml per harinya.

Hal ini disebabkan karena air kelapa muda mengandung kalium dan sodium yang tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan tentu bisa menyebabkan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Tak hanya itu, air kelapa muda juga mengandung sejumlah kalori, jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabakan kenaikan berat badan terlebih jika Anda mengonsumsi air kelapa muda dengan penambahan gula atau pemanis lainnya.

Air kelapa muda memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi air kelapa muda secara berlebihan. Pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tepat agar manfaat air kelapa muda ini bisa Anda dapatkan dengan lebih maksimal.

Bagi Anda yang memiliki riwayart penyakit tertentu, dan sedang mengonsumsi obat dokter, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi air kelapa muda secara rutin.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat serta menambah wawasan Anda tentang manfaat air kelapa muda untuk menurunkan kadar asam lambung.