Manfaat Sabut Kelapa Untuk Kerajinan Estetik Dan Fungsional

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Kerajinan Estetik Dan Fungsional

Dapat diketahui, bahwa manfaat sabut kelapa untuk kerajinana ialah sebuah limbah dari buah kelapa, yang pada umunya dibuang karena tidak digunakan lagi. Tetapi, dapat di manfaatkan jika di tangan orang yang kreatif, karena berbagai kerajinan dari sabut kelapa ini,dapat menjadi barang yang sangat estetik dan fungsional.

Manfaat dari Pohon Kelapa

Manfaat dari Pohon Kelapa

Semua yang diperoleh dari  pohon kelapa, dapat dimanfaatkan, yakni sebagai berikut:

  • Buahnya: Daging dan air buah kelapa dapat dikonsumsi, untuk bahan makanan dan lain-lain.
  • Batang pohonnya:Dapat menjadi bahan bangunan rumah, jembatan, kadang, dan lain-lain.
  • Daunnya: Dapat dimanfaatkan sebagai buat urung ketupat, genting pada pondok, kerajinan dan lain-lain.
  • Bunganya: Dapat berguna sebagai kerajinan buat topi atau tas, dan sebagai pengobatan tradisional.
  • Batok: Dapat di buat kerajinan sampai bahan arang.
  • Bagian itu termasuk sabut dari buah kelapa, sampai dapat menjadikan kerajinan dari sabut kelapa yang estetik.

Sebab, tak hanya dapat menjadikan  manfaat sabut kelapa untuk kerajinan yang estetik dan fungsional, kerajinan itu dapat menjadikan bisnis, yang dapat hasilkan uang.

Kini berbagai kerajinan dari sabut kelapa yang estetik itu, sangat banyak dicari dengan harga yang tinggi. Memang apa yang dapat dibuat kerajinan yang dari sabut kelapa mencari dan beberapa di antaranya mempunyai harga yang tinggi? Padahal cuma dibuat dari sabut kelapa?

  • Sabut kelapa mempunyai struktur yang kuat, sampai awet dan bisa tahan lama jika menjadi sebuah kerajinan.
  • Warna pada sabut kelapa memiliki warna coklat, buat untuk berikan kesan natural.
  • Pada saat ini, selagi muncul tren dengan tema rustik, natural, sampai vintage, sehingga  sabut kelapa untuk kerajinan sangat cocok sebagai menjadikan hiasan tema tersebut.
  • Tahan degradasi dan air laut.

Nah, jika penasaran bukan dapat dimanfaat untuk kerajinan apa saja dari sabut kelapa ini? Dan alat yang digunakan mesin pengupas kelapa dan mesin pengurai sabut kelapa. Yuk, manfaat sabut kelapa untuk kerajinan yang estetik dan fungsional berikut ini.

 Manfaat Sabut Kelapa Untuk Kerajinan

1. Tali Rami dari Sabut Kelapa

Tali Rami dari Sabut Kelapa

Manfaat sabut kelapa untuk kerajinan yang pertama ialah tali rami. Kerajinan sabut kelapa yang satu ini dapat jadi salah satu kerajinan yang sering dicari, karena sedang condong.

Yang condong kerajinan vintage, memang mempunyai keindahan yang tersendiri, karena dapat diberikan kesan yang natural. Sehingga, berbagai orang yang buat kerajinan vintage sebagai dijual ataupun buatnya untuk mengunakan sendiri.

2. Keset Sabut Kelapa

Keset Sabut Kelapa

Sabut kelapa manfaat untuk kerajinan yang seterusnya, yang sedang banyak diincar juga ialah keset sabut kelapa.

Ternyata, keset sabut kelapa disebut dapat mencegah ular untuk masuk ke dalam rumah, karena ular takut pada sabut kelapa. Sampai saat ini, berbagai pengrajin keset sabut kelapa, yang omzetnya mendongkrak.

3. Sapu Sabut Kelapa

Sapu yang dibuat dari manfaat sabut kelapa, masih tidak mau kalah dari sapu yang modern saat ini.

Pada bagian besar masyarakat mungkin masih digunakan sapu sabut kelapa, dengan alasannya kotoran debu supaya lebih mudah dibersihkan,  murah, tahan lama, hingga lebih ramah lingkungan.

 

4. Pot Tanaman

Selain jadi pot, sabut kelapa dapat juga menjadikan untuk media tanaman, jadi tak perlu tambahkan tanah lagi, atau dapat gunakan cocofiber.

Tanaman yang biasanya menggunakan pot tanaman dari sabut kelapa ini adalah bunga anggrek. Selain itu, pot yang memiliki warna dan bahan yang menyatu dengan alam, membuatnya jadi terlihat lebih indah, cantik, dan natural.

Baca Juga: Khasiat Minyak VCO Untuk Kesehatan Terjamin

5. Ring Dekorasi

Selain untuk tambah kesan estetika, ring dekorasi juga dapat menambahkan untuk dekorasi lainnya. Contohnya, menambahkan bunga kering,  tambahkan juga inisial nama, dan lain-lain.

Ring dekorasi jugadapat menggunakan sebagai wadah seserahan, wadah perhiasan pernikahan,sampai panjang depan pintu. Harganya juga memiliki harga yang terjangkau,dari pada ring dekorasi yang dibuat dari akar rotan.

Dan itulah beberapa manfaat sabut kelapa untuk kerajinan yang harus kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan terima kasih.