Jenis-jenis seruling

Mari Kenali Ragam Jenis Seruling yang Berasal Dari Indonesia

Seruling termasuk jenis alat musik harmonis sebagai pelengkap dalam melodis. Contohnya seperti pelengkap alat musik gitar, biola,  piano, harmonika dan alat musik lainnya.

Hal tersebut bertujuan supaya musik yang dibawakan lebih berkelas dan berkualitas. Dulunya memang berfungsi untuk pendukung melodis, namun dengan berkembangnya waktu seruling sudah menjadi alat musik utama atau instrumen primer.

Jenis-Jenis Seruling

Alat musik seruling terdiri dari berbagai jenis, dimana setiap jenis tersebut memiliki bentuk, ukiran, fungsinya masing-masing. Berikut ini beberapa alat musik seruling, yaitu:

1. Seruling Tenor

Seruling tenor dikenal sebagai seruling d’amor yang bernada B. Nama tersebut berasal dari kekayaan dan kelembutan suara yang dihasilkan. Bahkan, seruling ini juga bisa menghadirkan emosi cinta bagi para pendengarnya, https://tengahviral.com/

2. Seruling Treble

Jenis seruling ini bernada G dan sering digunakan alat musik pelengkap pada pertunjukan jazz. Nada G tersebut sulit dijumpai sebab nadanya lebih tinggi daripada konser. 

3. Seruling Paruh

Seruling paruh adalah salah satu alat musik seruling yang terbuat dari bambu. Pada ujungnya dipotong dengan bentuk miring, kemudian diberi celah untuk meniupnya.

Seruling ini memiliki 6 lubang yang terdapat di sisi depan dan satu sisi belakang. Biasanya seruling ini digunakan untuk mengiringi sawat dengan pola ritme yang cukup rumit, namun suaranya nggak berbeda dengan yang lainnya.

4. Seruling Alto

Seruling alto bernada G ini mempunyai teknik jari yang mirip seperti seruling konser. Akan tetapi kalau dilihat dari bentuk tabungnya, bentuk seruling ini lebih mirip dengan bentuk tabung bass.

Hal tersebut karena sengaja didesain khusus untuk kebutuhan ansambel flute.

5. Seruling Bass

Dari segi ukuran, jenis seruling ini yang paling besar daripada jenis seruling lainya. Biasanya, seruling bass berfungsi untuk mengatur ritme nada golongan rendah.

Sementara itu, seruling ini memiliki nada dua oktaf yang berada di bawah jenis suling recorder konser flute.

Jenis-jenis alat musik seruling di atas berasal dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dimana, termasuk ke dalam alat musik tiup atau aerophone yang terbuat dari bambu.