Resep Es Kopi Gula Aren

Resep Es Kopi Gula Aren yang Mudah Dibuat dan Nikmat

Halo teman-teman semua! Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep es kopi gula aren yang enak dan tentunya nikmat. Kopi gula aren saat ini sedang naik daun karena rasa kopi yang pahit dan manisnya gula aren membuatnya digemari banyak orang.

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut tentang resep es kopi gula aren , kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini. Tidak hanya bagaimana caranya, saya juga ingin berbagi penjelasan tentang kopi dan gula aren, jadi pastikan untuk membaca artikelnya sampai selesai agar tidak ada yang ketinggalan.

Kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer dan dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia. Tiga orang di dunia ini minum kopi. Kopi nikmat jika diminum di pagi hari atau di malam hari saat nyeri persalinan semakin parah.

Kopi adalah salah satu minuman favorit banyak orang, yang tidak hanya diminum dan dicintai, tetapi juga salah satu barang mewah dunia. Perdagangan kopi juga merupakan omset beberapa puluh ribu, yang hanya dapat bersaing dengan perdagangan minyak.

Kata kopi atau coffee yang sering kita gunakan berasal dari Bahasa Arab yaitu qahwah, yang berarti “kekuatan”. Kemudian ada juga yang berasal dari bahasa Turki yaitu Kahveh yang kemudian diadaptasi menjadi Koffie dalam bahasa Belanda dan Coffee dalam bahasa Inggris. Kata itu akhirnya direkam dalam bahasa Indonesia di kafe.

Biji kopi dipanggang, kemudian digiling dalam mesin kopi dan disajikan. Padahal, metode penyangraian biji kopi belum diketahui pada saat pertumbuhannya. Pohon kopi itu sendiri berasal dari dataran tinggi Ethiopia, yang pada saat itu hanya tanaman liar yang umum di Ethiopia.

Sekitar abad ke-15, pohon kopi yang dikenal sebagai kopi Arabika tumbuh subur di Jazirah Arab. Kopi arabika saat ini merupakan jenis kopi paling populer di dunia dan menyumbang lebih dari 60 persen produksi kopi global.

Konon kopi diciptakan oleh seorang pemuda Arab yang bekerja sebagai penggembala kambing. Dia selalu mengamati bahwa kambingnya selalu bahagia dan merasa gembira setelah memakan biji dan daun tanaman tersebut.

Karena penasaran, petani tersebut mencoba memakan biji tanaman tersebut dan merasakan efek gairah yang ditimbulkan oleh kandungan kafein tersebut. Akhirnya, penemuan itu menyebar dari mulut ke mulut, dan sejak itu, menurut legenda, kopi berasal dari Arab.

Kopi Gula Aren

Minum kopi sepertinya sudah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia karena hampir setiap orang sekarang memiliki hobi minum kopi atau bahkan sampai kecanduan. Bukan hanya karena memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan, kopi juga sudah menjadi bagian dari lifestyle anak muda.

Banyaknya penikmat kopi saat ini bisa dijadikan peluang untuk membuka kafe dan jenis usaha ini selain menguntungkan juga mudah untuk dikelola. Jenis kopi modern yang kini digemari anak muda adalah es kopi susu gula aren.

Perpaduan kopi, susu, dan gula aren membuat minuman ini memiliki cita rasa bittersweet yang nikmat, sehingga tak heran banyak kafe saat ini yang menawarkan minuman jenis ini. Padahal, es kopi gula aren merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Resep Es Kopi Gula Aren

Resep Es Kopi Gula Aren

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Kopi bubuk (2 sendok makan)
  • Gula aren (1 buah)
  • Susu (100 ml)
  • Air (100 ml)
  • Kopi hitam (1 sachet)

Cara membuat :

  1. Langkah pertama, larutkan gula aren dalam air hangat.
  2. Buat kopi hitam dengan 100 ml air hangat dan saring.
  3. Masukkan es batu dan gula aren cair terlebih dahulu ke dalam gelas, kalau sudah tambahkan 100 ml susu dan 100 ml kopi.
  4. Kopi gula aren spesial siap disantap.

 

Nah, itu tadi adalah resep es kopi gula aren yang mudah dan bisa kalian coba dirumah masing – masing, kalian juga bisa mendapatkan produk mesin pembuat kopi melalui Rumah Mesin. Baiklah, cukup sekian dulu untuk artikel “Resep Es Kopi Gula Aren yang Mudah Dibuat dan Nikmat”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya, bye – bye!